Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 76 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 9 halaman 76, 77. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Halaman 76 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Menyusun Cerita Pendek Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kegiatas 3. Kunci Jawaban Hal 76 Bahasa Indonesia Kls 9

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 76 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 76 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 76 [Kunci Jawaban]

Kegiatan 3 : Pertanyaan telaah struktur dan isi cerpen

1.Bagaimana pendapatmu dengan alur (plot) cerpen "Pohon Keramat",mudah diikuti atau aliran cerita tersendat-sendat?Mengapa?
2.Cerpen "Pohon Keramat" memberi pelajaran yang serius.Dapatkah kamu menangkap pesan itu?
3.Apa yang dimaksud dengan ucapan tokoh kakek berikut: "Semakin banyak kebutuhan hidup dan semakin banyak orang yang merasa pintar.Akan tetapi, orang-orang pintar itu tidak tahu tentang kebijaksanaan.Mereka tidak sadar bahwa sebagian besar manusia yang ada di dunia ini adalah yang ada di bawah standar kepintaran.Kisah Mbah Jayasakti masih diperlukan untuk melindungi Gunung Beser."

Jawaban 1 :
1. Alur pada cerpen tersebut mudah diikuti karena setiap peristiwa disajikan berurutan dengan alur yang jelas.

2. Ketika berhadapan dengan orang yang ingin menindas kita, kita harus berjuang tanpa kenal lelah. Pun jika kita bukan pihak yang melakukan perjuangan tersebut, hargailah selalu usaha orang lain yang melakukannya.

3. Ungkapan tersebut merujuk pada segelintir orang saat ini yang merasa diri mereka pintar, tapi tidak mau belajar dari kebijakan leluhur. Kepintaran yang diklaim mereka tak lebih dari produk kesombongan dan bukan kebijakan atau kepintaran yang sebenarnya.


Jawaban 2 :
1. Pendapat saya, alur (plot) cerpen "Pohon Keramat" mudah diikuti karena alur yang digunakan dalam cerpen tersebut adalah alur maju.

2. Ya, saya dapat menangkap pesan itu, yaitu kita tidak boleh mementingkan diri sendiri dengan mengorbankan kepentingan orang banyak, terutama yang berhubungan dengan alam dan masa depan.

3. Yang dimaksud dengan ucapan tokok kakek adalah orang pintar belum tentu bijaksana, apalagi apabila berhubungan dengan kebutuhan hidup. Ungkapan tersebut merujuk pada segelintir orang saat ini yang merasa diri mereka pintar, tapi tidak mau belajar dari kebijakan leluhur. Kepintaran yang diklaim mereka tak lebih dari produk kesombongan dan bukan kebijakan atau kepintaran yang sebenarnya.