Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Carilah dalil-dalil (ayat atau hadis) yang menjelaskan larangan-larangan Muamalah

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 11 halaman 144 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Aktivitas Siswa Halaman 144 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas XI SMA/SMK/MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 9 Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kls 11 Tugas Hal 144 Aktivitas Siswa

Carilah dalil-dalil (ayat atau hadis) yang menjelaskan larangan-larangan Muamalah
Carilah dalil-dalil (ayat atau hadis) yang menjelaskan larangan-larangan Muamalah

Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 144 Aktivitas Siswa

Aktivitas Siswa:

1. Carilah dalil-dalil (ayat atau hadis) yang menjelaskan larangan-larangan tersebut di atas!
Jawaban:

Pesan-pesan yang terkandung dalam ayat dan hadis tentang muamalah yang saya temukan adalah dilarang menggunakan cara-cara yang batil dalam melakukan perdagangan atau dengan usaha-usaha yang tidak sah. Pesan ini terdapat pada Surat an-Nisa (4) ayat 29, yang berbunyi:

"Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian memakan harta-harta sesamamu dengan cara yang batil, kecuali dengan perdagangan yang kalian saling ridha. Dan janganlah kalian membunuh diri-diri kalian, sesungguhnya Allah itu Maha Kasih Sayang kepada kalian.
2. Jelaskan pesan-pesan yang terkandung dalam ayat dan hadis yang kamu temukan tersebut, dan hubungkan dengan keadaan sekarang!
Jawaban:

Pesan-pesan yang terkandung dalam ayat dan hadis tentang muamalah apabila dilaksanakan pada keadaan sekarang sangatlah penting dan berarti. Karena perdagangan yang dilakukan dapat sungguh-sungguh dipercaya, tidak merugikan pihak penjual maupun pembeli, serta jauh dari dosa.

Pembahasan
Pesan-pesan lainnya yang terdapat pada ayat dan hadis tentang mualamah adalah

1. Tidak boleh melakukan Riba.
Pesan ini terdapat pada Surat Ali 'Imran (3) ayat 130, yang berbunyi:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.'

2. Tidak boleh dengan cara-cara yang zalim, seperti Najsy, Al-Ghisy, Ihktikar, Tas’ir, merampas hak cipta, Tathfiif, memaksa pihak lain, menyembunyikan aib, dan lain-lain

Pesan ini terdapat pada Surat al-Baqarah (2) ayat 188, yang berbunyi:

"Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui."

3. Tidak melakukan perdagangan dengan cara berjudi.
Pesan ini terdapat pada Surat al-Ma'idah (5) ayat 90, yang berbunyi:

"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khaar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan."

4. Tidak melakukan jual beli barang haram.
Pesan ini terdapat pada hadis Muttafaq alaih, yang berbunyi:

"Ibnu Abbas menerangkan telah sampai berita pada Umar bahwa Samurah menjual khamr. Umar berkata Allah memerangi Samurah. Apakah dia tidak tahu bahwa Rasulullah SAW bersabda: Allah mengutuk orang yahudi karena telah diharamkan atas mereka bangkai kemudian mereka merekayasa lemaknya, lalu mereka jual belikan."