Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Banyak kegiatan di tengah-tengah masyarakat yang bisa dikategorikan ribā. Coba carilah kegiatan-kegiatan tersebut!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 11 halaman 148 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Aktivitas Siswa Halaman 148 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas XI SMA/SMK/MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 9 Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kls 11 Tugas Hal 148 Aktivitas Siswa

Banyak kegiatan di tengah-tengah masyarakat yang bisa dikategorikan ribā. Coba carilah kegiatan-kegiatan tersebut!
Banyak kegiatan di tengah-tengah masyarakat yang bisa dikategorikan ribā. Coba carilah kegiatan-kegiatan tersebut!

Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 148 Aktivitas Siswa

Aktivitas Siswa:

1. Banyak kegiatan di tengah-tengah masyarakat yang bisa dikategorikan ribā. Coba carilah kegiatan-kegiatan tersebut!
Jawaban:

Kegiatan di tengah-tengah masyarakat yang bisa dikategorikan riba adalah
  1. bunga bank konvensional
  2. membeli kendaraan dengan cara diangsur
  3. pinjaman dengan syarat
2. Jelaskan bagaimana tanggapanmu tentang kegiatan tersebut!
Jawaban:

Bunga bank konvesional adalah bunga bank yang dikenakan ketika kita membayar angsuran dari pinjaman tersebut.

Contoh: seorang bapak mengajukan KUR (Kredit Usaha Rakyat) di suatu bank. Bapak tersebut mengajukan sejumlah pinjaman dengan agunan BPKB kendaraannya. Pihak bank menyetujuinya dengan mmberikan bunga berapa persen pada tiap angsurannya. Meski bunga tersebut terbilang rendah, uang yang diterima oleh bank sebagai bunga tersebut dikategorikan riba.

Hal ini termasuk dalam Riba Qordi, yaitu pinjam-meminjam dengan syarat harus memberi kelebihan saat mengembalikan atau mengangsurnya.

Membeli kendaraan dengan cara diangsur juga termasuk dalam Riba Qordi, yaitu memberikan bunga tertentu kepada pembeli kendaraan yang harus diangsur. Apabila pembeli terlambat mengangsur, dikenakan denda. uang dari bunga dan denda tersebut termasuk dalam riba.

Pinjaman dengan syarat juga termasuk dalam riba, meski tidak berupa bunga maupun denda. Contoh: seorang adik meminjam uang kepada kakaknya. Sang kakak menyanggupinya dengan syarat, sang adik harus mengerjakan PR kakaknya, atau mengganti sang kakak dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang telah diminta oleh orangtua.

Jadi, riba adalah bunga uang atau nilai lebih atas penukaran barang. Hukum riba adalah haram. jadi, kegiatan apa pun yang merugikan pembeli atau pihak yang menukar dapat dikategorikan riba.