Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 80 - 82 Uji Kompetensi

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPS untuk Kelas 7 halaman 80. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPS Uji Kompetensi Halaman 80, 81, 82. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Manusia Tempat Dan Lingkungan Kelas 7 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Hal 80- 82 IPS Kls 7

Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 80 - 82 Uji Kompetensi
Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 80 - 82 Uji Kompetensi

Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 80 - 82 Uji Kompetensi

Uji Pemahaman Materi
a.Pilihan Ganda Hal 80-81
1. C. kesempatan antara (intervening opportunity)
2. A. Kalimantan
3. B. suhu udara tinggi
4. A. Januari
5. D. umumnya, bagian barat pulau curah hujannya lebih tinggi dari bagian timur
6. B. Pulau Jawa sangat subur
7. C. Honai
8. C. sebagai tempat hidup berbagai makhluk hidup
9. A. daerah tujuan wisata
10. D. banyak lahan pertanian berubah menjadi permukiman

b. Esai Hal 82
1. Indonesia memiliki letak yang sangat strategis dan kekayaan alam yang berlimpah, namun sampai saat ini belum mampu menjadi negara maju. Mengapa demikian?
Karena sumber daya manusia di Indonesia saat ini masih belum baik, hal ini disebabkan pendidikan yang tidak merata di seluruh daerah. Sehingga menyebabkan Indonesia masih belum dapat untuk mengoptimalkan sumber daya alamnya.
2. Persebaran penduduk Indonesia belum merata. Sebagian besar penduduk masih terpusat di Pulau Jawa. Bagaimanakah caranya agar terjadi pemerataan penduduk?
Penyebab menumpuknya penduduk di pulau jawa ialah karena pulah jawa adalah pusat pemerintahan selain itu karena pembangunan di pulau jawa sangat maju, hal ini berbeda dengan pembangunan diwilayah lain yang tidak merata. Cara mengatasinya ialah dengan melakukan pembangunan besar-besaran di seluruh daerah di Indonesia.
3. Mengapa keanekaragaman hayati (flora dan fauna) di Indonesia tergolong sangat tinggi?
Karena Indonesia merupakan wilayah beriklim tropis. Iklim tropis merupakan tempat yg bagus bagi makhluk hidup untuk tinggal. Selain itu Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pulau dan lautan yang luas.
4. Mengapa budaya Indonesia sangat beranekaragam?
Keanekaragaman budaya di Indonesia disebabkan Indonesia merupakan negara yang majemuk dan memiliki beragam suku, agama, dan adat istiadat. Hal ini lah yang menyebabkan masing-masing daerah di Indonesia memiliki budayanya masing masing.
5. Jelaskan dampak dari interaksi keruangan di daerah tempat tinggal kalian!
Di daerah tempat tinggal saya banyak lahan pertanian yang berubah menjadi pemukiman warga hal ini disebabkan tingkat kepadatan penduduk yang terus meningkat di daerah saya.