Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 119 Aktivitas Kelompok

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPS untuk Kelas 9 halaman 119. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPS Aktivitas Kelompok Halaman 119. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok IPS Kls 9 Hal 119

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 119 Aktivitas Kelompok
Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 119 Aktivitas Kelompok

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 119 Aktivitas Kelompok

Aktivitas Kelompok
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa di kelas.
2. Setiap kelompok diberikan tugas untuk melakukan pengamatan mengenai globalisasi ekonomi yang terjadi di Indonesia ataupun dunia. 
3. Pengamatan dapat dilakukan melalui berbagai media. 
4. Melalui pengamatan tersebut, siswa ditugaskan untuk mencatat berbagai macam globalisasi ekonomi yang terjadi di Indonesia.
Jawaban 1 :
 
Macam-macam globalisasi ekonomi yang terjadi di Indonesia yaitu : 

a) Masuknya investor-investor asing ke Indonesia untuk berinvestasi di perusahaan swasta maupun perusahaan dalam negeri yang ada di Indonesia.

b) Terjadinya kegiatan Ekspor dan Impor barang di dalam negeri yang dapat meningkatkan devisa negara.

c) Hadirnya Pasar Bebas sehingga negara-negara tetangga dapat melakukan kesepakatan ekonomi dengan Indonesia.
 
d) Semakin terkenalnya Pariwisata Indonesia di kancah dunia hingga menarik banyak wisatawan asing untuk datang dan berwisata di Indonesia.

e) Perkembangan e-commerce yang begitu pesat diseluruh dunia termasuk di Indonesia.
Jawaban 2 :

Globalisasi memberikan dampak besar pada bidang ekonomi di berbagai negara. Beberapa contoh globalisasi di bidang ekonomi di Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Kegiatan Ekspor dan Impor, ini adalah hubungan kerjasama antar negara di bidang perekonomian. Ekspor-impor dapat meningkatkan devisa suatu negara dan memenuhi kebutuhan di dalam negeri Indonesia.
  2. Munculnya Pasar Bebas, artinya setiap negara di kawasan tertentu dapat melakukan kegiatan ekonomi satu sama lain. Misalnya pasar bebas di negara-negara Asia Tenggara atau yang kita kenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
  3. Perusahaan Asing Masuk Indonesia, artinya perusahaan-perusahaan asing dapat mengoperasikan bisnisnya di Indonesia dan saling menguntungkan satu sama lain. Misalnya, restoran McDonalds, KFC, dan lain-lain.
  4. Bisnis E-Commerce Tumbuh Pesat, perkembangan teknologi informasi merupakan salah satu bentuk globalisasi. Hal tersebut kemudian membuat bisnis e-commerce di berbagai negara semakin menjamur, termasuk di Indonesia.
  5. Masuknya Produk Luar Negeri, globalisasi membuat proses impor produk luar lebih mudah. Hal tersebut mengakibatkan banyak sekali produk luar negeri masuk ke Indonesia.
5. Dari temuan yang diperoleh melalui pengamatan tersebut, siswa mendiskusikannya dalam kelompok. 
6. Hasil diskusi dipresentasikan dan kelompok lain diminta menanggapi.