Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 121 Aktivitas Kelompok

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPS untuk Kelas 9 halaman 121. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPS Aktivitas Kelompok Halaman 121. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok IPS Kls 9 Hal 121

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 121 Aktivitas Kelompok
Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 121 Aktivitas Kelompok

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 121 Aktivitas Kelompok

Aktivitas Kelompok
1. Buatlah kelompok bersama teman satu meja kalian!
2. Amatilah berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di sekitar kalian!
3. Apa yang dapat kamu ungkapkan dari hasil pengamatanmu?
4. Diskusikan mengenai perkembangan dari globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang berikut!
a. informasi dan komunikasi
b. ekonomi dan industri
c. sosial budaya
d. pendidikan
Jawaban :
a. informasi dan komunikasiGlobalisasi iptek saat ini telah menghasilkan media sosial yang kian lengkap dan menarik fiturnya dan dapat mendukung peningkatan percepatan informasi serat kemudahan dalam pembagian dan koordinasi pekerjaan yang lebih efektif dan efisien dalam lingkup yang lebih luas saat harus bekerja diluar kantor.

Namun sisi negatifnya, persebaran info hoaks yang menyesatkan masyarakat luas juga kian meningkat.

b. ekonomi dan industri
Iptek telah memungkinkan munculnya industri baru dan meningkatkan kemudahan transaksi ekonomi secara digital yang cepat dan tepat.

Bisnis berbasis daring kian menjamur dan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tetapi sisi negatifnya, globalisasi iptek juga memudahkan pencurian atau peretasan aset pribadi/ korporasi

c. sosial budaya
Iptek memudahkan pengenalan dan pembelajaran budaya lain untuk meningkatkan peradaban.

Selain itu kreatifitas mudah digali dan diinisiasi dengan berbagai sumber.

Dampak negatifnya, budaya ingin serba instan kian merebak dikalangan masyarakt modern dan memunculkan fenomena sosial baru seperti kecenderungan tak bijak dalam memberikan akses sosial terhadap ranah pribadi.

d. pendidikan
Iptek sebenarnya dapat membantu mewujudkan pemerataan pendidikan dengan memudahkan transfer ilmu dan pengetahuan.

Berbagai kursus dan kuliah kini dapat dilakukan secara daring.
Jawaban :

AspekManfaat Globalisasi
EkonomiGlobalisasi bermanfaat bagi kehidan bangsa Indonesia dalam bidang ekonomi seperti, Globalisasi mampu meningkatkan kemampuan berkompetisi dan meningkatkan kualitas produksi dalam negeri untuk meningkatkan pendapatan perkapita mayarakat.
SosialGlobalisasi banyak mengubah pola pikir masyarakat yang tadinya tradisional dan akhirnya berkembang menuju modern. Globalisasi juga mengubah pola kehidupan masyarakat, 
BudayaGlobalisasi dapat memperluas wawasan budaya, meningkatkan kemampuan bahasa asing, meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap mental kearah yang lebih baik, meningkatkan produktivitas kerja, dan memberikan arah dalam perilaku.
PolitikDi Indonesia, politik juga mengalami perkembangan akibat dari globalisasi. Seperti, Indonesia mampu menegakkan nilai-nilai demokrasi, mempererat hubungan dan meningktkan keaktifan dalam hubungan inernasional demi menuju perdamaian dunia.
PembangunanGlobalisasi yang sedang berlangsung ternyata bermanfaat bagi pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh bangsa Indonesia. Dengan adanya globalisasi ternyata membantu memudahkan pembangunan yang sedang berkembang di Indonesia.

5. Carilah informasi dari berbagai media untuk membantuk kalian berdiskusi!
6. Presentasikan hasil diskusi kalian secara bergantian di depan kelas!
7. Kumpulkan hasil diskusi kalian pada guru!
8. Melalui kegiatan di atas diharapkan sekarang kamu sudah memahami secara benar tentang maksud dari globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi