Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 89 Aktivitas Kelompok

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPS untuk Kelas 9 halaman 89. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPS Aktivitas Kelompok Halaman 89. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok IPS Kls 9 Hal 89

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 89 Aktivitas Kelompok
Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 89 Aktivitas Kelompok

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 89 Aktivitas Kelompok

Aktivitas Kelompok
1. Buatlah kelompok yang beranggotakan 3 - 4 orang! 
2. Untuk mengetahui hubungan antara perubahan sosial dan perubahan budaya, siswa diminta memperhatikan berbagai macam gambar berkaitan dengan perubahan sosial dan perubahan kebudayaan yang disediakan oleh guru! 
Jawaban :

Hubungan antara perubahan budaya dan perubahan sosial yaitu :
Menurut pendapat Kingsley Davis yang dikutip oleh Soerjono Soekanto pada tahun 2014 yaitu :
1. Bahwa perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan, hal ini berarti perubahan kebudayaan/budaya cakupannya lebih luas dari pada perubahan sosial.
2. Perubahan kebudayaan sangat mempengaruhi perubahan sosial. Jadi apabila terjadi perubahan budaya maka akan terjadi perubahan sosial.
3. Sebagai contoh ketika ditemukan telefon/handphone maka komunikasi yang sebelumnya dilakukan masyarakat secara langsung bertemu bertatap muka berganti dengan komunikasi jarak jauh. Dan merubah perilaku masyarakat yang semula sangat sosial menjadi lebih individualis.
4. Perubahan kebudayaan/budaya terdiri atas perubahan IPTEK, kesenian & filsafat. Sedangkan perubahan sosial terdiri atas : perubahan dalam struktur, sistem serta fungsi masyarakat.

Kehidupan manusia selalu berubah begitu juga kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Indonesia sebagai suatu bangsa mengalami perubahan-perubahan sejak masa kerajaan, masa penjajahan, masa kemerdekaan, orde lama, orde baru sampai pada masa reformasi pada saat ini. Perubahan yang terjadi mencakup cara berprilaku, cara berfikir serta alat-alat dan teknologi. Hal itulah yang dinamakan perubahan sosial budaya. Sebagai contoh perubahan sosial budaya dalam cara berfikir adalah perubahan dalam pemikiran masyarakat tentang magis atau irasional menjadi rasional. Masyarakat sekarang lebih rasional tidak lagi percaya kepada hal yang sifatnya tahayul dan magis seperti halnya masyarakat zaman dahulu. Selain itu dalam penggunaan alat-alat untuk kebutuhan sehari-hari sudah berubah dari alat tradisional menjadi alat yang modern. Misalnya : dulu membajak sawah dengan menggunakan bajak kerbau, tetapi sekarang sudah menggunakan traktor yang lebih efisien dan cepat.

Pengertian perubahan kebudayaan yaitu suatu dinamika atau perubahan yang ada karena adanya modifikasi-modifikasi pada pola-pola kehidupan masyarakat sebagai akibat dari kondisi internal dan eksternal suatu masyarakat. Perubahan kebudayaan sering dimulai dengan penemuan-penemuan baru atau modifikasi-modifikasi dari kebudayaan yang sudah ada melalui pengamatan, penelitian dan pemikiran seseorang maupun masyarakat.

Sedangkan pengertian perubahan sosial yaitu : suatu perubahan dalam bentuk hubungan dalam masyarakat karena adanya keseimbangan baru dalam hubungan sosial. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan budaya, perubahan kondisi alam, perubahan komposisi penduduk dan adanya penemuan-penemuan baru dalam suatu masyarakat.
3. Setelah melakukan pengamatan, tulislah mengenai apa yang ingin kamu ketahui! 
4. Setiap kelompok diberikan tugas untuk mendiskusikan tentang hubungan antara perubahan sosial dan perubahan budaya! 
5. Guru memberikan beberapa buku yang berisi tentang pengertian perubahan sosial dan perubahan budaya sebagai media untuk mengumpulkan informasi siswa! 
6. Dari berbagai pengertian tentang perubahan sosial dan perubahan budaya yang disediakan, diharapkan siswa dapat menganalisis hubungan antara keduanya. 
7. Siswa dapat mengasosiasikan jawaban dengan berbagai sumber belajar yang lain. 
8. Tulislah hasil diskusi kalian di kertas yang disediakan! 
9. Presentasikan di depan kelas dan kelompok lain diminta untuk menanggapi!