Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 23, 24 Tugas Kelompok 1.2

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 12 halaman 24. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Tugas Kelompok 1.2 Halaman 23, 24 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas XII SMA/SMK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Kelas 12 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Tugas Kelompok 1.2 Hal 23, 24 PKN Kls 12 

Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 23, 24 Tugas Kelompok 1.2
Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 23, 24 Tugas Kelompok 1.2

Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 23, 24 Tugas Kelompok 1.2

Tugas Kelompok 1.2
Bacalah kasus di bawah ini bersama teman sebangkumu.

Setelah membaca kasus di atas diskusikanlah dengan teman sebangkumu pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. 
1. Apa saja yang menyebabkan rendahnya kesadaran membayar pajak?
Jawaban:

Kesadaran masyarakat untuk membayar pajak masih sangat rendah. Hal ini dikarenakan masyarakat tidak tahu bagaimana pentingnya peranan pajak dalam kehidupan bernegara, seperti untuk menunjang biaya pembangunan infrastruktur negara, belanja subsidi, hingga kebutuhan belanja pegawai.

2. Jelaskan akibat yang akan diterima negara ketika pendapatan dari pajak terus mengalami penurunan!
Jawaban :

Apabila negara mengalami penurunan dalam hal pendapatan dari pajak, maka tax ratio akan terus menurun dan pembangunan infrastruktur tidak dapat dilakukan secara maksimal. Hal ini mengakibatkan suatu negara mengalami keterlambatan dalam pembangunan. Selain itu, pajak yang terlalu rendah dapat mengakibatkan ditariknya bantuan belanja subsidi dari negara akibat biaya yang tidak mencukupi.

3. Apabila dikaitkan dengan Pancasila, kasus tersebut merupakan ketidaksesuaian dari sila keberapa? Berikan alasannya.
Jawaban :

Tidak membayar pajak termasuk dalam ketidaksesuaian dari sila ke-5 Pancasila. Hal ini dikarenakan membayar pajak merupakan sebuah implementasi atau perwujudan dari nilai-nilai yang dapat mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang sesuai dengan sila ke-5 Pancasila. Apabila pajak dibayar dengan rutin, maka seluruh rakyat Indonesia dapat menikmati pembangunan dari hasil membayar pajak tersebut.

4. Apa saja solusi yang sudah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran warga negara dalam membayar pajak? Bagaimana tingkat keberhasilan dari solusi tersebut?
Jawaban :

Beberapa solusi yang diberikan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesadaran warga negara dalam membayar pajak antara lain seperti peningkatan kualitas pelayanan, meningkatkan jumlah tenaga pemeriksa di Direktorat Jenderal Pajak, memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara berkelanjutan, dan yang terakhir adalah menguatkan moral dan integritas dari pada pegawai pajak agar dapat melaksanakan tugasnya secara optimal dan profesional.

Dari data yang diselenggarakan oleh Centre for Indonesia Taxation Analysis (CITA), kesadaran masyarakat Indonesia untuk membayar pajak sudah cukup tinggi. Hal ini berarti tingkat keberhasilan dari solusi dari pemerintah tersebut sudah cukup berhasil.

5. Kemukakan solusi yang Anda tawarkan untuk meningkatkan kesadaran warga negara dalam membayar pajak dan kesadaran melaksanakan kewajiban lainnya sebagai warga negara!
Jawaban :

Menurut saya, hal yang paling penting untuk meningkatkan kesadaran warga negara dalam membayar pajak adalah dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana pentingnya pajak untuk menunjang pembangunan suatu negara. Selain itu, pemerintah juga dapat memberikan contoh hasil atau infrastruktur yang dibuat oleh pemerintah dari hasil membayar pajak dan mensosialisasikannya kepada masyarakat agar masyarakat tahu bagaimana hasil dari membayar pajak.

6. Kemukakan kasus lain yang berkaitan dengan pengingkaran kewajiban warga negara yang pernah terjadi di daerahmu, serta bagaimana proses penyelesaiannya!
Jawaban :

Beberapa contoh pengingkaran kewajiban warga negara yang pernah terjadi di sekitar daerah saya adalah banyaknya warga yang telat membayar pajak. Solusi yang dapat ditawarkan untuk menyelesaikan persoalan ini adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak tepat waktu serta memberikan hukuman yang cukup tegas bagi siapapun yang telat membayar pajak.

Jawaban Lain :
1. Kesadaran membayar pajak rendah karena:
a. Wajib pajak tidak rela sebagian penghasilannya dipotong untuk membayar pajak
b. Wajib pajak tidak percaya pajak benar-benar digunakan sebagaimana mestinya oleh pemerintah
c. Kurangya rasa cinta tanah air

2. Akibat yang diterima jika pendapatan dari pajak terus menurun:
a. Negara tidak mampu menggaji pegawai
b. negara tidak mampu membangun sarana dan prasarana
c. Negara akan runtuh.

3. Jika dikaitkan dengan Pancasila, kasus tersebut tidak sesuai dengan sila Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Wajib pajak yang tidak mau membayar pajak menunjukkan rendahnya kepedulian terhadap sesama manusia sekaligus rendahnya cinta tanah air. Ini menyebabkan terjadi ketidakadilan karena wajib pajak menolak membayar pajak.

4. Solusi yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pembayar pajak antara lain:
a. Kampanye wajib pajak melalui berbagai media.
b. Meluncurkan layanan pengampunan pajak (tax amnesty)
c. Sosialisasi kesadaran membayar pajak

5. Solusi yang akan saya tawarkan antara lain:
a. Mengampanyekan semangat cinta tanah air
b. Transparansi penggunaan anggaran pajak
c. Meningkatkan kinerja pegawai negeri
d. Mempermudah layanan membayar pajak
e. Mempermudah layanan masyarakat
f. Membangun dengan perencanaan yang matang.

6. Pengingkaran kewajiban warga negara di daerah saya antara lain:
a. Tidak mengenakan helm saat berkendara sepeda motor
b. Tidak memakai sabuk pengaman saat mengendarai mobil
c. Melanggar lalu lintas.