Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 26 Tugas Mandiri 1.4

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 12 halaman 26. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Tugas Mandiri 1.4 Halaman 26 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas XII SMA/SMK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Kelas 12 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Tugas Mandiri 1.4 Hal 26 PKN Kls 12 

Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 26 Tugas Mandiri 1.4
Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 26 Tugas Mandiri 1.4

Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 26 Tugas Mandiri 1.4

Tugas Mandiri 1.4
Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menangani berbagai kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara. Akan tetapi, sampai sekarang kasus-kasus tersebut masih terjadi, seperti masih tingginya angka putus sekolah dan pengangguran, kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. Nah sekaitan dengan hal tersebut, jawablah pertanyaan berikut:

1. Mengapa kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara masih terjadi?
2. Siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara?
3. Apa saja solusi yang Anda ajukan untuk mencegah terjadinya kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara?

Jawaban :
1. Kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara masih terjadi karena:
a. Hukum belum ditegakkan sebagaimana mestinya
b. Rendahnya kesadaran hukum masyarakat
c. Psikologis manusia yang tidak stabil
d. Kurangnya pemahaman terhadap Pancasila
e. Ketidakadilan dari pemerintah

2. Pihak yang harus bertanggung jawab terjadinya kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara antara lain: 
a. Negara
b. Masyarakat
c. LSM/ Ormas
d. Penegak Hukum

3. Solusi yang saya ajukan untuk mencegah terjadinya kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara:
a. Penegakan hukum seadil-adilnya
b. Sosialisasi Hukum dan perundang-undangan
c. Mengajak pemeluk agama agar menaati ajaran agama


Jawaban Lain :
1. Berbagai macam kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara masih sering terjadi dikarenakan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk selalu memathui hak dan kewajiban sebagai warga negara. Selain itu, pemerintah juga masih kurang tegas dalam menindaklanjuti dan memberikan hukuman kepada oknum-oknum yang melakukan pelanggaran hak dan kewajiban warga negara.

2. Semua elemen baik masyarakat maupun pemerintah sama-sama mengambil andil dalam bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban negara. Hal ini dikarenakan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban negara tidak dapat terselesaikan secara optimal apabila hanya salah satu pihak saja yang bertanggung jawab, entah masyarakat maupun pemerintah.

3. Solusi yang dapat diajukan untuk mencegah terjadinya kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban negara antara lain memberikan sosialisasi kepada masyarakat secara berkelanjutan dan intensif terkait penegakan hak dan kewajiban warga negara guna meningkatkan kesadaran masyarakat. Selain itu, diharapkan pemerintah mampu memberikan hukuman yang tegas kepada oknum-oknum yang melakukan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.