Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 23 Uji Kompetensi 1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 8 halaman 23 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 1 Halaman 23. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 23 PKN Kls 8 Uji Kompetensi 1

Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 23 Uji Kompetensi 1
Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 23 Uji Kompetensi 1

Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 23 Uji Kompetensi 1

Uji Kompetensi 1
Menjalankan perintah Tuhan Yang Maha Esa merupakan salah satu bentuk menghargai dan mengamalkan Pancasila, yaitu sila pertama. Dalam hidup bermasyarakat dan bernegara banyak sekali nilai-nilai Pancasila yang dapat diamalkan. Pancasila sebagai Dasar Negara dan pandangan hidup bangsa dan pelaksanakan nilai-nilai Pancasila dilingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara menjadi kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia, yang harus dipupuk dalam diri kita adalah bagaimana memahami sejarah ideologi Pancasila dan menyadarinya bahwa para pendiri negara berjuang untuk mendudukan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!
1. Apa yang mungkin dapat kalian lakukan untuk mengamalkan sila-sila dalam Pancasila di lingkungan sekolah?
Jawaban :

- Menaati tata tertib / peraturan di sekolah
- Saling menghormati kepada semua orang di lingkungan sekolah
- Menghargai pendapat orang lain
- Menjaga lingkungan sekolah

2. Bagaimana menumbuhkan rasa cinta pada ideologi Pancasila?
Jawaban :

Cara menumbuhkannya iyalah dengan memahami sejarah Pancasila, mempelajari Pancasila, merenungkan nilai-nilai Pancasila dan yang terakhir mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
 
3. Berikan pendapatmu bagaimana mengamalkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat!
Jawaban :

Menurut saya cara mengamalkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat iyalah dengan saling menghormati antar sesama dan bahu-membahu menjaga kerukunan dan ketentraman di lingkungan masyarakat.

4. Apa solusi yang dapat kalian berikan untuk menumbuhkan nilai kesadaran ber-Pancasila pada saat ini jika masyarakat lebih peduli pada dirinya sendiri?
Jawaban :

Solusinya iyalah dengan mengedukasi kembali masyarakat tentang pentingnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pemerintah dapat mengedukasi masyarakat melalui iklan di TV, Sosial Media, maupun spanduk-spanduk di jalan.

5. Tuliskan harapanmu untuk melanjutkan wacana di atas agar bangsa Indonesia mampu lebih maju berdasarkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa!
Jawaban :

Harapan saya masyarakat semakin memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama di era modernisasi saat ini nilai-nilai Pancasila perlahan luntur karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam memahami pentingnya nilai-nilai Pancasila.