Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 29 Uji Kompetensi Bab 1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 9 halaman 29. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 29. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 29 PKN Kelas 9.

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 29 Uji Kompetensi Bab 1
Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 29 Uji Kompetensi Bab 1

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 29 Uji Kompetensi Bab 1

Uji Kompetensi Bab 1
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Bagaimana penerapan Pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan?
Jawaban : 

Pada masa awal kemerdekaan penerapan Pancasila berjalan sangat baik hal ini karena perjuangan para Pahlawan yang begitu besar selain itu karena negara Indonesia adalah negara yang baru merdeka yang persatuan dan kesatuannya sangat kuat.

2. Jelaskan latar belakang Pemberontakan DI/TII dan RMS di Indonesia!
Jawaban :

- DI/TII
Di latar belakangi karena kekecewaan Kartosuwiryo atas hasil perjanjian Renville, selain itu karena adanya keinginan untuk mengganti Pancasila dengan Syariat Islam.

- RMS
Di latar belakangi karena kekecewaan para bekas prajurit KNIL terhadap kebijakan pemerintah, serta karena keinginan beberapa tokoh untuk mendirikan negara sendiri.

3. Bagaimana penerapan Pancasila pada masa Orde Baru?
Jawaban :

Penerapan pancasila pada masa orde baru dilakukan secara indoktrinatif dan birokratis. Akibatnya, banyak kemunafikan yang tumbuh subur dalam masyarakat seperti korupsi, kolusi, dan juga nepotisme.

4. Jelaskan tantangan bangsa Indonesia dalam menerapkan Pancasila sebagai dasar negara pada masa Reformasi!
Jawaban :

Di masa reformasi ini, Indonesia memiliki tantangan yang sangat berat dalam penerapan Pancasila. Karena Pancasila sudah tidak lagi populer seperti pada masa lalu. Elit politik dan masyarakat terkesan masa bodoh dalam melakukan implementasi nilai-nilai pancasila. Sehingga saat ini banyak terjadi kasus-kasus yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

5. Jelaskan arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara?
Jawaban : 

Arti penting mempertahankan pancasila sebagai dasar negara adalah suatu upaya untuk menjaga dan mempertahankan nilai-nilai Pancasila yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Pancasila juga merupakan prinsip bangsa Indonesia dalam mencapai kehidupan masyarakat yang berdaulat adil dan makmur.

6. Jelaskan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka!
Jawaban :

Kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka berarti bahwa Pancasila senantiasa mampu berinteraksi secara dinamis. Nilai-nilai Pancasila tidak akan pernah berubah, namun pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang kita hadapi dalam setiap waktu.

7. Berikan masing-masing 1 (satu) contoh perilaku dalam mewujudkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban :

1. Ketuhanan : Beribadah sesuai dengan agama yang dianut
2. Kemanusiaan : Bersikap welas asih terhadap sesama manusia
3. Persatuan : mengikuti kegiatan Upacara bendera
4. Kerakyatan: mengikuti Pemilu
5. Keadilan : Tidak memilih-milih teman

8. Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik di lingkungan sekolah!
Jawaban :

1. Pemilihan ketua OSIS
2. Berpendapat di depan kelas
3. Mengikuti organisasi

9. Bagaimana perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang pertahanan keamanan di lingkungan masyarakat?
Jawaban :

- Aktif dalam mengikuti kegiatan Ronda malam
- Melapor pihak berwajib apabila melihat aktivitas mencurigakan di lingkungan
- Tamu wajib lapor kepada RT/RW

10. Keteladanan apa saja yang patut dicontoh dari tokoh nasional dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara? Jelaskan!
Jawaban :

- Sikap rela berkorban
- Mementingkan kepentingan bersama (negara)
- Adil kepada masyarakat
- Takwa kepada Tuhan