Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 39 Tugas Mandiri 2.4

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 9 halaman 39. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Tugas Mandiri 2.4 Halaman 39. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Tugas Mandiri 2.4 Halaman 39 PKN Kelas 9.

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 39 Tugas Mandiri 2.4
Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 39 Tugas Mandiri 2.4

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 39 Tugas Mandiri 2.4

Tugas Mandiri 2.4
Apa saja upaya yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mewujudkan tujuan negara Indonesia? Tuliskan dalam tabel berikut!

Jawaban :
Dalam terwujudnya sebuah tujuan negara yang dimana hal tersebut terdapat di dalam 1945, diperlukan sebuah bentuk usaha yang keras dari segenap bangsa yang dimana selain pemerintah yaitu juga perlu dukungan dari seluruh rakyat Indonesia. Untuk usaha apa yang dilakukan juga sudah pasti akan mengikuti apa yang berada dari empat point utama dalam sebuah Pembukaan UUD 1945 pada alinea ke empat. Kemudian untuk apa yang dilakukan untuk mencapai dan terwujudnya cita-cita sebuah bangsa maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan cara:

Point Pertama "Melindungi Segenap Bangsa Indonesia"
Hal yang harus dilakukan adalah :
- Menjaga perdamaian yang dimaan ada di Indonesia, baik itu terjadi antara satu suku dengan suku lainnya, antara umat beragama yang satu dengan yang lainnya, memiliki sikap unutk saling mernghargai satu dengan yang lainnya, kemudian memberikan sebuah penghormatan terhadap segala macam atas perbedaan yang dimana terjadi di Indonesia.

Point Kedua "Memajukan Kesejahteraan Umum"
Hal yang harus dilakukan adalah :
- Meningkatkan perekonomian Indonesia secara skala nasional dan juga skala internasional.
Disaat Indonesia yang kini telah bersaing dalam Masyarakat Ekonomi Asean, hal ini membuat bangsa Indonesia sendiri untuk siap dan dapat bersaing dalam perekonomian skala internasional.

Point Ketiga "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"
Hal yang harus dilakukan adalah :
- Negara menyediakan fasilitas pendidikan dan kemudian warga negara mengenyam pendidikan setinggi-tingginya agar menjadi sebuah masyarakat yang dimana kemudian menjadi erdas, dan juga pantai sehingga akan meningkatkan dan juga memajukan kesejahteraan terhadap bangsa Indonesia.

Point Keempat "Ikut Melaksanakan Ketertiban Dunia"
Hal yang harus dilakukan adalah :
- Berpartisipasi dalam segala bentuk program yang dimana dirancang oleh Perserikatan Bangsa Bangsa.
- Membantu kegiatan bencana alam yang dimana terjadi pada skala internasional.

Jawaban Lain :
1. Tujuan: Melindungi Segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.
Upaya Bangsa Indonesia: Bangsa Indonesia menerbitkan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang perlindungan segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Perlindungan tersebut mencakup perlindungan terhadap hak-hak individu dalam beragama dan berkebudayaan dan lain-lain. Sementara itu, pemerintah juga mengatur kewajiban individu untuk mematuhi peraturan hukum, kewajiban bela negara dan kewajiban-kewajiban lain sebagai warga negara yang baik. Dalam hal perlindungan terhadap bangsa, pemerintah wajib menjaga kedaulatan NKRI dengan cara yang sudah ditentukan.

2. Tujuan: Memajukan kesejahteraan umum
Upaya bangsa Indonesia: Pemerintah wajib menyediakan fasilitas-fasilitas yang menunjang pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Fasilitas tersebut berupa lapangan pekerjaan, dan sarana-sarana pendukungnya misalnya kemudahan akses jalan raya, teknologi dan lain-lain. Selain itu pemerintah juga wajib memastikan harga-harga terjangkau oleh masyarakat.

3. Tujuan: Mencerdaskan kehidupan bangsa
Upaya bangsa Indonesia: Menyediakan pendidikan gratis kepada seluruh warga negara Indonesia. Meskipun gratis pendidikan tersebut adalah pendidikan berkualitas bagi seluruh peserta didik.

4. Tujuan: Melaksanakan ketertiban dunia.
Upaya bangsa Indonesia: Turut menjaga perdamaian dunia dengan menolak segala bentuk penjajahan. Untuk itu Indonesia banyak terlibat dalam pasukan perdamaian PBB. Pemerintah juga terlibat aktif dalam upaya menentang kekerasan di Rohingya maupun di Palestina.