Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 89 Tugas Kelompok 3.3

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 9 halaman 89. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Tugas Kelompok 3.3 Halaman 89. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Tugas Kelompok 3.3 Halaman 89 PKN Kelas 9.

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 89 Tugas Kelompok 3.3
Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 89 Tugas Kelompok 3.3

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 89 Tugas Kelompok 3.3

Tugas Kelompok 3.3
Untuk memahami lembaga-lembaga negara di Indonesia, kerjakanlah tugas berikut bersama anggota kelompokmu.
a. Pilihlah salah satu lembaga negara untuk dibahas bersama anggota kelompokmu. Masing-masing kelompok memilih lembaga negara yang berbeda.
b. Identifikasi berbagai pertanyaan yang ingin diketahui tentang lembaga tersebut.
Contoh Jawaban :
  1. Lembaga KPK dan POLRI secara hukum, tingkat organisasinya tinggi yang mana? Bagaimana konsekuensinya?
  2. Lembaga KPK dan Lembaga Kepresidenan secara hukum, tingkat organisasinya tinggi yang mana? Bagaimana konsekuensinya?
  3. Lembaga DPR-RI dan Lembaga Kepresidenan secara hukum, tingkat organisasinya tinggi yang mana? Bagaimana konsekuensinya? Apa Hubungannya dengan Hak Prerogratif presiden?
  4. Jika ada beda pendapat diantara dua lembaga atas satu kasus hukum yang sama, maka yang wajib ditaati adalah pendapat lembaga yang lebih tinggi atau lembaga yang lebih rendah?
  5. KPK adalah singkatan dari Komisi Pemberantasan Korupsi, maka dalam rangka mencegah dan memberantas kasus korupsi itu lembaga yang paling berwenang lembaga yang mana? KPK atau POLRI?
  6. Lembaga eksekutif dan lembaga legeslatif dipiih oleh rakyat, mengapa lembaga yudikatif tidak dipilih oleh rakyat?
  7. Jabatan politis Bupati, Walikota, Gubernur yang dipilih oleh rakyat bisa berasal dari calon independen, mengapa untuk jabatan presiden tidak ada yang dari independen?
  8. Presiden adalah kepala pemerintahan yang memimpin semua warga negaranya baik yang memilih mapun yang tidak memilihnya, mengapa tidak diwajibkan mengundurkan diri sebagai keanggotaan atau kepemimpinan sebuah partai, mengapa tidak diterbitkan UU yang mengatur tentang larangan rangkap jabatan antara jabatan politis di eksekutif dan legeslatif  dengan jabatan politis di partai.
  9. Bisakah dibuat UU yang menyatakan secara eksplisit bahwa seorang pejabat dilevel apapun jika sudah divonis sebagai narapidana oleh pengadilan, maka wajib baginya mengundurkan diri dan atau diberhentikan dari jabatannya secara definitif. Sedangkan bagi yang masih tersangka, maka demi menghormati praduga tidak bersalah maka tidak bisa diberhentikan.
  10. Apakah setiap orang sama di depan hukum ? Mengapa perlakuan penyidik kepada satu tersangka bisa berbeda bila dibandingkan dengan tersangka lainnya? Dimana keadilannya dan persamaannya?
c. Carilah informasi untuk menjawab pertanyaan yang telah disusun tentang lembaga negara tersebut dari berbagai sumber dan media.
d. Diskusikan dengan anggota kelompokmu untuk menyusun laporan yang berkaitan dengan lembaga negara baik berupa laporan tertulis maupun berupa tayangan multimedia.
e. Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.