Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Aktivitas 3.1 Mengidentifikasi Sifat-Sifat Anggota Keluarga

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 125 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Ayo Kita Lakukan Halaman 125-128 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 125 Ayo Kita Lakukan

Aktivitas 3.1 Mengidentifikasi Sifat-Sifat Anggota Keluarga
Aktivitas 3.1 Mengidentifikasi Sifat-Sifat Anggota Keluarga

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 125 - 128 Ayo Kita Lakukan

Apa yang akan kamu lakukan? 
Pada kegiatan ini, kamu akan mengidentifikasi ciri apa saja yang ada pada anggota keluargamu. Masing-masing ciri tersebut dikode oleh suatu gen yang terkandung dalam DNA. 

Apa yang kamu perlukan ? 
Foto anggota keluarga lengkap (ayah, ibu, kakak atau adik, kamu)

Apa yang harus kamu lakukan? 
1. Buatlah kelompok dengan anggota empat orang. 
2. Perhatikanlah foto anggota keluargamu masing-masing. 
3. Tulislah pada tabel yang disediakan ciri apa saja yang dapat kamu temukan pada anggota keluargamu. 
4. Kamu boleh bertanya kepada orang tuamu untuk melengkapi data yang kamu perlukan. 
5. Selanjutnya kamu dapat bertanya kepada anggota dalam kelompokmu mengenai ciri keluarganya sesuai dengan pertanyaan yang tersedia
Tabel 3.1 Ciri Tubuh Anggota Keluarga

Apa yang perlu kamu diskusikan? 
1. Apa saja ciri dari ayah yang muncul padamu? 
2. Apa saja ciri dari ibu yang muncul padamu? 
3. Adakah sifat pada dirimu yang merupakan gabungan dari kedua orang tuamu? Kalau ada, sebutkan! 4. Adakah teman sekelasmu yang jenis cuping kedua orang tuanya melekat? Apa jenis cuping telinga temanmu, kakak temanmu, atau adik temanmu? 
5. Adakah teman sekelasmu yang jenis cuping kedua orang tuanya terpisah? Apa jenis cuping telinga temanmu, kakak temanmu, atau adik temanmu? 
6. Adakah teman sekelasmu yang ayahnya memiliki cuping telinga melekat sedangkan ibu memiliki cuping telinga yang terpisah atau sebaliknya? Apa jenis cuping telinga temanmu, kakak temanmu, atau adik temanmu?
7. Adakah teman sekelasmu yang ayahnya memiliki rambut yang keriting sedangkan ibu memiliki rambut yang lurus atau sebaliknya? Apa bentuk rambut temanmu? 
8. Coba diskusikan dengan teman sebangkumu, mengapa pada beberapa bagian tubuhmu memiliki ciri mirip ayah dan pada beberapa bagian yang lain mirip ciri dari ibu?

Contoh Jawaban :
1. Ciri sifat ayah/ibu yg muncul ke kamu ( itu jawaban sendiri )
2. Ciri atau sifat yg mirip dengan ortu mu ( itu jawaban sendiri )
3. gen adalah pewarisan sifat dan dapat dihubungkan dengan fungsi sebagai regulator (pengendali), sasaran transkripsi, atau peran peran fungsional lainnya.
Gen terletak di dalam kromosom, tepatnya pada bagian yang disebut kromomer atau nukleosom. Kromomer itu berupa butiran atau manik-manik yang dililit oleh benang-benang DNA.
4. Struktur DNA berupa dua untai komplementer antiparalel satu sama alin, sementara RNA hanya memiliki satu untai. Basa nitrogen yang terdapat pada DNA adalah adenin, guanin, sitosin, dan timin. Pada RNA, basa nitrogennya berupa adenin, guanin, sitosin, dan urasil
5. suatu gen pada kromosom Y yang bertanggung jawab untuk perkembangan testis.

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Berdasarkan kegiatan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
Jawaban :
dalam penurunan genetika,anggota keluarga umumnya menurunkan sifat yang diwarisi oleh kedua orangtuanya,karena hereditas disini bersifat langsung