Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Aktivitas 3.2 Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 129 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Ayo Kita Lakukan Halaman 129-131 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 129 Ayo Kita Lakukan

Aktivitas 3.2 Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan
Aktivitas 3.2 Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 129 - 131 Ayo Kita Lakukan

Perhatikanlah Gambar 3.8! Gambar 3.8 menunjukkan foto dari kromosom-kromosom yang menyusun sel-sel tubuh (sel somatik) manusia dan kromosom pada sel kelamin (sel gamet). Susunan kromosom pada sel-sel yang sudah diurutkan berdasarkan ukuran dan bentuknya tersebut disebut dengan kariotipe.

Dari kariotipe tersebut coba jawablah pertanyaan berikut. 
1. Berapakah jumlah kromosom penyusun sel tubuh manusia? 
2. Apakah kromosom-kromosom tersebut berpasangan? 
3. Adakah perbedaan kromosom penyusun tubuh perempuan dan laki-laki? Kalau ada, apa perbedaannya? Untuk mempermudah menjawab pertanyaan ini, perhatikan kromosom yang terdapat di dalam kotak! 
4. Berapa jumlah kromosom pada sel sperma? 
5. Apakah kromosom sel sperma dan sel ovum dalam keadaan berpasangan?

Jawaban :
1.  Jumlah kromosom penyusun sel tubuh manusia adalah 46 buah.

2. Kromosom pada tubuh manusia tersebut berpasangan tetapi pada sel somatis (sel tubuh). Contoh sel tubuh adalah sel saraf, sel epitel, sel tulang, sel darah.

3. Terdapat perbedaan kromosom penyusun tubuh perempuan dan laki-laki. Perbedaan terletak pada jenis kromosom gonosom pada sel somatis yaitu pada perempuan terdapat XX dan pada laki-laki adalah XY.

4. Jumlah kromosom pada sel sperma yaitu 23 buah kromosom.

5.  Kromosom sel sperma dan sel ovum tidak dalam keadaan berpasangan.