Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 152 - 153 Uji Pemahaman Bagian 3 unit 3

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 10 halaman 152 - 153 Pembahasan kali ini kita akan bahas uji pemahaman bagian 3 unit 3 yang ada pada buku paket PPKN Halaman 152 - 153 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bagian 3 Bhineka Tunggal Ika ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Uji Pemahaman Unit 3 Bagian 3 Hal 152 - 153 PPKN Kls 10

 

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 152 - 153 Uji Pemahaman Bagian 3 unit 3



Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 152 - 153 Uji Pemahaman Bagian 3 unit 3

Uji Pemahaman Unit 3 Bagian 3 Halaman 152 - 153

Soal
Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah perta- nyaan berikut: 
 
a. Apa kesepakatan tentang dasar negara yang dihasilkan dari anggota BPUPKI yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya?
 
b. Berikan analisismu atas konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia? 
 
c. Apa manfaat yang dapat diambil dari kunjungan ke kelompok minoritas? 
 
d. Setelah kalian berkunjung ke kelompok minoritas, bagaimana persepsi kalian terhadap mereka? 

Kunci Jawaban 
a. BPUPKI berhasil merumuskan dasar negara Indonesia. Dasar negara Indonesia diresmikan dengan nama Pancasila. Pancasila pertama kali diutarakan oleh Ir. Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam rangkaian sidang pertama BPUPKI. Pancasila mengandung lima asas dasar negara Indonesia.

b. Analisis saya atas konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia adalah sebagai berikut:
Konflik-konflik bernuansa Suku dan Agama kerap terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Konflik bernuansa suku dan agama terjadi karena kesadaran masyarakat terhadap isu diskriminasi suku dan toleransi beragama masih rendah. Fenomena tindak intoleransi dan diskriminasi ini memiliki dampak tidak langsung terhadap situasi demokratisasi di Indonesia dan akan merusak kehidupan harmoni masyarakat yang telah terbentuk sekian lama. Menurut saya, intoleransi dan diskriminasi yang bersinggungan dengan nuansa suku dan agama belum menunjukkan tanda-tanda akan melandai dan masih kerap terjadi.
 
c.  Manfaat yang dapat diambil dari kunjungan ke kelompok minoritas, diantaranya: Membuka mata dan mengembangkan sudut pandang yang berbeda dalam memandang kelompok minoritas. Menambah pemahaman dan keyakinan tentang pentingnya dukungan bagi kaum minoritas.
 
d.  Setelah saya berkunjung ke kelompok minoritas,persepsi saya terhadap mereka adalah: awalnya saya memiliki persepsi negatif serta sikap “alergi” terhadap kelompok minoritas ini. Tetapi setelah saya berkunjung ke kelompok minoritas saya baru dapat menyadari dan memahami ternyata anggapan saya selama ini salah. Selanjutnya sikap saya terhadap mereka adalah menghormati dan menghargai mereka dimanapun mereka berada sekalipun mereka kelompok minoritas.