Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 157 Uji Pemahaman Bagian 3 unit 4

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 10 halaman 157 Pembahasan kali ini kita akan bahas uji pemahaman bagian 3 unit 4 yang ada pada buku paket PPKN Halaman 157 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bagian 3 Bhineka Tunggal Ika ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Uji Pemahaman Unit 4 Bagian 3 Hal 157 PPKN Kls 10

 

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 157 Uji Pemahaman Bagian 3 unit 4


Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 157 Uji Pemahaman Bagian 3 unit 4

Uji Pemahaman Unit 4 Bagian 3 Halaman 157

Soal
Untuk mengetahui sejauh mana pemahamanmu tentang unit ini, jawablah pertanyaan berikut: 
 
a. Jika ada keragaman dalam sebuah negara, apa yang perlu dilakukan agar negara itu menjadi kuat? Kolaborasi, kompetisi atau negasi? 
 
b. Mengapa kolaborasi dan kerja sama itu penting bagi sebuah bangsa?
 
c. Apa contoh atau model kolaborasi kebudayaan yang ideal menurut kalian? 

Kunci Jawaban 
a. kolaborasi, dengan kolaborasi dan kerja sama, keberagaman dapat dipertahankan. Kolaborasi dan kerjasama penting bagi sebuah bangsa karena dapat menyatukan beragam identitas suku, agama, dan budaya.

b. Karena masing-masing negara dapat memenuhi berbagai standarisasi kebutuhan bidang/sektor yang ada di negaranya. Dengan bekerjasama bersama negara lain untuk menciptakan kesejahteraan bersama maka, secara otomatis akan mempermudah untuk mencapai hal tersebut dan jalinan persaudaraan antar negara tersebut akan terakselerasi dengan baik.
 
c.  Model yang ideal untuk kebudayaan menurut saya ialah melakukan suatu promosi kebudayaan ke luar negeri. Dapat dilakukan dengan cara mendukung pemerintah dalam upaya pelestarian kebudayaan dalam negeri, mendukung adanya akulturasi budaya yang memberikan kecendrungan dampak positif bagi bangsa Indonesia, serta melakukan pementasan kebudayaan daerah Indonesia di suatu konferensi antar negara-negara tertentu yang membahas mengenai permasalahan kebudayaan.