Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 81 - 82 Uji Pemahaman Bagian 2 unit 2

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 10 halaman 81 - 82 Pembahasan kali ini kita akan bahas uji pemahaman bagian 2 unit 2 yang ada pada buku paket PPKN Halaman 81- 82, Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bagian 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Uji Pemahaman Unit 2 Bagian 2 Hal 75 PPKN Kls 10

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 81 - 82 Uji Pemahaman Bagian 2 unit 2


Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 81 - 82 Uji Pemahaman Bagian 2 unit 2

Uji Pemahaman Unit 2 Bagian 2 Halaman 81 - 82

Soal
a. Apa yang kalian ketahui tentang norma? 

b. Berikan contoh norma dalam kehidupan sehari-hari!

c. Ceritakan pengalaman melaksanakan norma yang ada di dalam masyarakat sekitar atau di sekolah! 

d. Apakah kalian akan terlibat dalam pertemuan atau rapat di tingkat sekolah dan lingkungan?

Kunci Jawaban 
a. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online, norma memiliki 2 makna. Pertama, aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima. Dalam pengertian ini, maka norma adalah sesuatu yang berlaku dan setiap warga harus menaatinya. Kedua, aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolak ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu.

b. Contoh norma dalam kehidupan sehari-hari adalah Peraturan RT. Di dalamnya, misalnya, tentang bagaimana cara untuk mengurus KTP atau mendapatkan Pengantar Surat bila ingin mengurus izin berusaha di tingkat desa sampai kabupaten/kota. Ada aturan yang lebih sederhana, bagaimana agar semua warga tiap malam ikut ronda kampung untuk menjaga keamanan. Ada pula norma yang tidak ditulis, seperti antartetangga harus saling membantu jika ada kesulitan. Antarwarga tidak boleh melakukan aktivitas yang dapat mengganggu tetangga, seperti membunyikan musik keras-keras, dan lain sebagainya. Di lembaga pendidikan, seperti sekolah tempat kita menuntut ilmu, ada pula aturan main. Ada banyak pasal-pasal yang tertulis dan ada aturan main yang tidak tertulis. Yang tertulis, antara lain, dalam bentuk tata tertib peserta didik dalam kelas. Yang tidak tertulis, misalnya, peserta didik harus saling membantu bila ada kesulitan dan saling menghormati atas perbedaan.

c. Saya sangat bangga bisa melaksanakan kewajiban dalam mematuhi norma yang berlaku di masyarakat dan di sekolah, karena dengan saya mematuhi dan menjalalankan norma-norma tersebut itu berarti sama saja saya mempunyai peran dalam menciptakan lingkungan yang harmonis, damai dan kondusif.

d. Tentu saja, karena kehidupan sosial manusia tidak terlepas dari pendidikan sekolah dan kehidupan di lingkungan .