Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 89 - 90 Uji Pemahaman Bagian 2 unit 3

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 10 halaman 89 - 90 Pembahasan kali ini kita akan bahas uji pemahaman bagian 2 unit 3 yang ada pada buku paket PPKN Halaman 89 - 90, Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bagian 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Uji Pemahaman Unit 3 Bagian 2 Hal 89 - 90 PPKN Kls 10

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 89 - 90 Uji Pemahaman Bagian 2 unit 3


Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 89 - 90 Uji Pemahaman Bagian 2 unit 3

Uji Pemahaman Unit 3 Bagian 2 Halaman 89 - 90

Soal
a. Terangkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945! 

b. Berikan 2 contoh yang menunjukkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dikaitkan dengan kehidupan peserta didik sehari-hari!

c. Isilah kolom berikut ini: 
Tabel 2.3 Hubungan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945


Kunci Jawaban 
a. Pancasila menjadi sumber segala sumber hukum negara. Penempatan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum negara sesuai dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat. Berarti setiap materi muatan Peraturan Perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. (Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 Alinea 4)

b. 1. Belajar giat untuk mencapai cita" dan membanggakan Indonesia
    2. Bermain dengan teman" tanpa membedakan Ras,Suku,Budaya,Bahasa,dll
    3. Menjaga sikap dan tuturkata kepada sesama
    4. Menghargai apa yang disukai teman..


c. 2 Sila dalam Pancasila :
    1. Sila kedua “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”
    2. Sila Kelima Pancasila “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.
    Pasal dan Ayat dalam UUD NRI Tahun 1945 : 
    1. Pasal 28 A sampai Pasal 28 J UUD NRI Tahun 1945
    2. Pasal 33 dan Pasal 34
     Penjelasan Hubungan
    1. berisi banyak jenis hak asasi manusia yang harus dipenuhi oleh negara. Pasal-pasal tersebut erat kaitannya dengan upaya pemenuhan Sila Kedua
    2. tentang Perekonomian Nasional dan Kesejahteraan Sosial, menjadi penerjemahan dari pelaksanaan Sila Kelima Pancasila