Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 245 - 247 Uji Kompetensi

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 245 - 247 Uji Kompetensi

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas IX SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Semester 2

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 245, 246, 247 Uji Kompetensi  dan terdapat pada Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 245 - 247 Uji Kompetensi

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan
 

Pembahasan :

Uji Kompetensi
Pilihan Ganda
1. C. matahari
2. C. pemanasan dan pemisahan berdasarkan titik didih
3. C. menghasilkan natrium klorida
4. D. teknologi ramah lingkungan
5. D. menggunakan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang
6. D. osmosis balik
7. A. biofuel
8. B. mudah dipasang dan dikembangkan
9. C. geotermal
10. B. bus dengan mesin motor listrik

Esai
1. Biopori dapat dibuat di sekitar rumah kita. Jelaskan manfaat biopori bagi lingkungan!
Jawaban :
Manfaat Biopori bagi lingkungan adalah mencegah banjir pada musim hujan, menjaga ketersediaan air pada musim kemarau, serta membantu menjaga kesuburan dan kelestarian organisme tanah.


2. Kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk menghemat penggunaan energi? Berikan contohnya dalam kehidupan seharihari!
Jawaban :
- Mematikan lampu apabila sudah siang
- Menggunakan transportasi umum
- Mematikan keran jika sudah selesai digunakan

3. Sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, menurutmu teknologi manakah yang lebih baik dikembangkan.
Jawaban :
Yang lebih baik dikembangkan adalah teknologi pengubahan energi angin atau air menjadi listrik karena lebih ramah lingkungan dan energinya terbaharukan. Hal ini berbeda dengan minyak bumi dan batu bara yang akan habis jika digunakan secara terus-menerus.


4. Bagaimana teknik pemurnian air secara sederhana? Buatlah skema alatnya dan beri penjelasan!
Jawaban :
Air yang kotor dapat dialirkan ke dalam tempat pengendapan untuk memisahkan partikel berukuran besar, lalu dialirkan ke bagian penyaring untuk distrerilkan sehingga diperoleh air yang sudah bersih.


5. Jelaskan potensi energi alternatif di Indonesia dan berikan contohnya!
Jawaban :
Karena Indonesia berada di garis khatulistiwa yang artinya mendapat cahaya matahari sepanjang tahun, sehingga Indonesia berpotensi untuk memanfaatkan energi matahari, energi listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga air, dan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 245 - 247 Uji Kompetensi . Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.