Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 196 - 200 Uji Kompetensi

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 196 - 200 Uji Kompetensi

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas IX SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Semester 2

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 196, 197, 198, 199, 200 Uji Kompetensi dan terdapat pada Bab 9 Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 196 - 200 Uji Kompetensi

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan
 

Pembahasan :

Uji Kompetensi
Pilihan Ganda
1. B. tempat hidup hewan dan bakteri
2. B. A dan D
3. C. mengganggu kehidupan organisme tanah
4. A. lapisan A
5. B. daerah miring yang tandus
6. A. pengikisan nutrisi akibat hujan lebat
7. A. hutan tropis yang subur
8. C. Mg2+ dan NO3
9. A. tanah liat
10. D. hilangnya lapisan tanah teratas sehingga mengganggu organisme tanah

Esai
1. Perhatikan susunan tanah pada botol berikut ini! Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!
Jawaban :
Tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama pada Botol A, karena pada bagian atas lapisan lempung yang cukup baik untuk akar tumbuhan, bagian tengah tanah  pasir berguna untuk memberika udara, dan pada bagian bawah tanah liat bersifat padat sehingga air dapat terjaga dalam waktu yang lama.
Sedangkan pada Botol B, lapisan tanah liat pada bagian atas membuat air sulit menembus ke bagian dalam sehingga kurang baik untuk tanaman dan dapat membuat tanaman busuk.


2. Perhatikan percobaan berikut ini! Ada tiga tabung reaksi yang diisi oleh jenis tanah yang berbeda kemudian diberi air dengan volume yang sama.
Jawaban :
Tabung yang tanahnya paling cepat mengendap adalah tanah pada Tabung A. Karena tabung A yang merupakan Tanah pasir memiliki ukuran butiran yang lebih besar sehingga air lebih cepat mengendap.


3. Di daerah pegunungan atau perbukitan, lahan pertanian dibuat secara terasering. Jelaskan keuntungan sistem terasering tersebut!
Jawaban :
Keuntungan sistem terasering adalah dapat mengurangi laju aliran air sehingga air dapat tertahan dan meresap di dalam tanah, mencegah erosi, dan mengurangi hilangnya nutrisi tanah akibat hujan atau erosi.


4. Ion nitrat adalah salah satu ion yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Berikut ini adalah data kandungan ion nitrat di dua daerah yang berbeda:
Jawaban :
Nitrat adalah salah satu unsur hara yang diperlukan tanaman, sehingga apabila jumlah nitrat pada daerah yang pohonnya banyak ditebang lebih tinggi dikarena Nitrat didaerah tersebut tidak diserap oleh pohon.


5. Di lapisan tanah yang semakin dalam, ditemukan lebih sedikit organisme dibandingkan dengan lapisan bagian atas. Menurut pendapatmu, mengapa hal itu terjadi?
Jawaban :
Semakin dalam tanah, maka semakin sedikit ditemukan organisme karena lapisan tanah terdalam tersusun atas batu-batuan.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 196 - 200 Uji Kompetensi. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.