Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 128 - 129 Evaluasi Bab 8

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 128 - 129 Evaluasi Bab 8

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas X SMA/MA/SMK/MAK untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 128 - 129 Evaluasi dan terdapat pada Bab 8 Sayang, Patuh dan Hormat kepada Orang Tua dan Guru Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 128 - 129 Evaluasi Bab 8

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan
 

Pembahasan :

A. Uji Pemahaman
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Tuliskan salah satu ayat al-Qur’ān yang memerintahkan agar kita berbuat baik kepada kedua orang tua, lengkap dengan artinya!

2. Apa maksud hadis Rasulullah saw. bahwa rida Allah Swt. terletak pada rida kedua orang tua dan murka Allah Swt. terletak pada murka kedua orang tua?

3. Bagaimana menyikapi orang tua yang bermaksud untuk memberikan calon pendamping hidup (suami atau istri) sementara kita telah memiliki pilihanlain?

4. Sebutkan hal-hal yang termasuk ke dalam perbuatan durhaka kepada kedua orang tua dan bagaimana menghindarinya!

5. Menurut pendapatmu, bagaimana menyikapi orang tua sebagaimana yang diceritakan dalam kisa Juraij di atas? Jelaskan!

 
Jawaban :
1. Firman Allah dalam Alquran surah Al Isra ayat 23 memerintahkan manusia untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya.

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

2. Ridha Allah terletak kepada ridha kedua orangtua, karena Allah memerintahkan untuk mentaati orangtua. Barangsiapa yang mentaati perintah Allah ini, maka Allah akan meridhainya dan barang siapa menolak taat kepada-Nya maka Ia pun murka.
 
3. Cara menyikapinya adalah : berkata dengan sopan dan jujur kepada orang tua bahwa kita telah memiliki pilihan lain, dan mendiskusikan dengan orang tua agar mendapat pilihan yang tepat untuk calon pendamping hidup, disertai dengan istikharah dan selalu berdo'a kepada Allah SWT agar diberikan jawaban yang terbaik. Tidak ada salahnya mengikuti kemauan orang tua kita, insyaallah pilihan orang tua kita adalah yang terbaik untuk memberikan calon pendamping hidup, karena orang tua pasti telah dan memilihkan yang terbaik untuk anak-anaknya.

4. Hal-hal yang termasuk perilaku durhaka kepada orang tua:
  • Membentak dan berkata kasar kepada orang tua
  • Tidak mendengarkan perkataan dan nasehat orang tua
  • Tidak meminta izin orang tua ketika hendak melakukan segala sesuatu
  • Menyela perkataan orang tua ketika berbicara
  • Tidak memenuhi panggilan orang tua ketika mereka memanggil kita
5. Menyikapi orang tua sebagaimana yang diceritakan dalam kisah Juraij
  1. Kewajiban birrul walidain (kewajiban berbakti kepada kedua orang tua ) terutama ibu dan bahwasanya ketika ia menyumpai anak nya maka akan di kabulkan
  2. Allah menyelamatkan seseorang dengan ketakwaan dan kesalihannya

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 128 - 129 Evaluasi . Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.