Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 163 Evaluasi Bab 10

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 163 Evaluasi Bab 10

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas X SMA/MA/SMK/MAK untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 163 Evaluasi dan terdapat pada Bab 10 Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah saw. di Madinah Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 163 Evaluasi Bab 10

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan
 

Pembahasan :

A. Uji Pemahaman
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini !
1. Sebutkan isi Perjanjian Hudaibiyah!
2. Tuliskan lafaz azan!
3. Jelaskan isi khutbah wada’!
4. Jelaskan dasar-dasar kehidupan bermasyarakat yang dibangun Nabi Muhammad saw. di Madinah!
5. Jelaskan latar belakang terjadinya Perang Tabuk!
 
Jawaban :
1. Isi Perjanjian Hudaibiyah adalah
  1. Pihak Nabi Muhammad Saw dan pihak Quraisy sepakat mengadakan gencatan senjata selama 10 tahun.
  2. Setiap orang diberi kebebasan bergabung dan mengadakan perjanjian dengan Nabi Muhammad Saw, atau dengan Kaum Quraisy.
  3. Kaum Quraisy yang berpihak kepada Nabi Muhammad Saw tanpa izin dari walinya harus dikembalikan. Sedangkan jika pengikut Muhammad bergabung dengan Quraisy tidak dikembalikan.
  4. Pada tahun ini (6 H/628 M) Nabi Muhammad Saw harus kembali ke Madinah. Tetapi pada tahun berikutnya,  Nabi Muhammad Saw dan pengikutnya diizinkan menjalankan ibadah haji, dengan syarat menetap di Makkah selama tiga hari dan dilarang membawa senjata.
2. Lafaz Azan
(٢x) اَللهُ اَكْبَرُ،اَللهُ اَكْبَرُ
(٢x) أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّااللهُ
(٢x) اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
(٢x) حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ
(٢x) حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
(١x) اَللهُ اَكْبَرُ ،اَللهُ اَكْبَرُ
(١x) لَا إِلَهَ إِلَّااللهُ
Untuk adzan subuh ditambah اَلصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ , setelah حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ dibaca sebanyak dua kali
 
3. Isi khutbah wada ialah :
" Wahai sahabat-sahabatku, kutinggalkan kalian putih seperti cangkang telur. Yang mana malamnya seperti siangnya "
" Kalian semua berasal dari adam, dan adam diciptakan dari tanah. Tidak ada perbedaan antara orang arab dan yang bukan arab. Tidak ada perbedaan antara kulit hitam dan kulit putih. Orang yang paling mulia adalah Orang yang paling bertakwa "
" Kutinggalkan untuk kalian dua perkara, yang apabila kalian berpegang teguh kepada nya, maka kalian tidak akan tersesat. Yaitu kitab Allah dan sunnah Nabi-Nya. "
 
4. Dasar-dasar kehidupan bermasyarakat yang dibangun Nabi Muhammad di Kota Madinah pada awal hijrah antara lain adalah
  • Nabi Muhammad membangun Masjid Nabawi yang menjadi pusat dari kehidupan masyarakat yang ada di Madinah baik itu pusat beribadah, pusat kegiatan kenegaraan dan kegiatan-kegiatan lainnya.
  • Membangunkan dan menyadarkan tentang penting ukhuwah islamiyah, salah satunya dengan cara Nabi Muhammad mempersaudarakan kaum Anshar dengan kaum Muhajirin.
  • Menjalin hubungan yang baik dengan non muslim Madinah dalam hal muamalah yang tertuang dalam piagam madinah.
5. Latar belakang terjadinya Perang Tabuk adalah para pedagang yang kembali dari Negeri Syam memberi kabar kepada Rasulullah saw bahwa Raja Romawi  ingin menyerang wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Rasulullah saw dan mempersiapkan penyerangan di perbatasan wilayah arab sebelah utara. Mendengar kabar ini dan karena dampak dari Perang Mut'ah di mana Rasulullah berhasil memperluas pengaruhnya hingga ke Semenanjung Arab, Rasulullah saw mengadakan persiapan-persiapan untuk menyerang Romawi dan meminta seluruh umat Islam di Madinah untuk turut dalam perang. Tetapi sekelompok kaum munafik mengundurkan diri dari peperangan. Akhirnya pasukan Rasulullah saw yang berjumlah 30 ribu pada bulan Rajab Tahun ke-9 Hijriah (Oktober 631 M) tiba di medan perang, tapi mereka tidak menemukan tanda-tanda keberadaan pasukan Romawi.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 163 Evaluasi. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.