Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 48 Uji Kompetensi 2

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 48 Uji Kompetensi 2

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau PKN.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VIII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 48 Uji Kompetensi 2 dan terdapat pada Bab 2 Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 48 Uji Kompetensi 2

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan
 

Pembahasan :

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!
1. Menurut pendapatmu, manakah dari suasana yang diceritakan tersebut yang merupakan isi dari pembukaan UUD NRI tahun 1945?
Jawaban : Suasana "bahwa bangsa Indonesia ingin melepaskan diri dari penjajahan", hal itu tertuang dalam pembukaan UUD NRI tahun 1945 pada alinea pertama yang berbunyi "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."

2. Berikan alasan bahwa peristiwa di atas merupakan isi dari pembukaan UUD NRI tahun 1945 pada alinea pertama!
Jawaban : Alasannya iyalah pada peristiwa tersebut menunjukan keteguhan dan tekad bangsa Indonesia untuk menjadi negara yang Merdeka melalui harapan dalam diri masyarakat.

3. Apakah kepatuhan ayah Adi terhadap tugas yang diembannya merupakan salah satu bentuk mengamalkan UUD NRI tahun 1945? Berikan alasannya!
Jawaban : Ya, karena Ayah Adi bertanggung jawab terhadap semua tugasnya yang juga merupakan ikut mengamalkan sila pancasila yang terdapat pada pembukaaan UUD NRI tahun 1945 alinea ke-4.

4. Jelaskan menurut pendapatmu, mengapa ayah Adi melakukan perbuatan tersebut!
Jawaban : Karena itu merupakan tugas ayah Adi sebagai anggota kepolisian, selain itu tujuan ayah Adi melakukan hal tersebut adalah untuk menjadi teladan bagi masyarakat agar menjadi warga negara yang baik dan menaati peraturan yang ada di negara Indonesia.

5. Jika kalian menjadi ayah Adi apa yang akan kalian lakukan untuk mematuhi kaidah fundamental UUD NRI tahun 1945?
Jawaban : Dengan melakukan tugas sebagi anggota kepolisian dengan baik dalam menegakkan hukum dan kedisiplinan serta memberikan teladan yang baik bagi masyarakat umum.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 48 Uji Kompetensi 2. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.