Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Ayo Kita Tinjau Ulang Halaman 99 Matematika Kelas 9

Jawaban Ayo Kita Tinjau Ulang Halaman 99 Matematika Kelas 9
Jawaban Ayo Kita Tinjau Ulang Halaman 99 Matematika Kelas 9

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 99 Ayo Kita Tinjau Ulang Semester 2

Selamat pagi saudara-saudari sekalian, marilah kita mulai kegiatan belajar matematika dengan membahas soal yang terdapat pada halaman 99 buku pelajaran matematika kelas 9. Pada halaman tersebut, kita akan menemukan berbagai macam soal yang membahas tentang kunci jawaban.

Kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 99 ayo kita tinjau ulang merupakan jawaban yang tepat dan benar dari suatu soal yang diberikan. Dengan memahami kunci jawaban, kita akan lebih mudah mengerjakan soal-soal yang terdapat pada buku pelajaran tersebut. Selain itu, dengan memahami kunci jawaban, kita juga akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan pada buku pelajaran tersebut.

Namun, tidak semua soal memiliki kunci jawaban yang sama. Ada soal yang memiliki lebih dari satu jawaban yang benar, sehingga kita perlu lebih cermat dalam mengerjakan soal tersebut. Kunci jawaban juga sangat bermanfaat bagi kita untuk mengevaluasi kemampuan kita dalam mengerjakan soal. Dengan membandingkan jawaban kita dengan kunci jawaban yang telah ditentukan, kita dapat mengetahui apakah jawaban kita benar atau salah.

Oleh karena itu, marilah kita mulai belajar dan memahami kunci jawaban pada halaman 99 buku pelajaran matematika kelas 9 ini.

Pembahasan Jawaban Ayo Kita Tinjau Ulang Halaman 99 Matematika Kelas 9

1. Mengapa fungsi kuadrat y = ax2 + bx + c disyaratkan a ≠ 0, tentukan alasanmu.

Jawaban Pendek :

Karena jika a = 0, maka fungsinya menjadi y = bx + c yang merupakan fungsi linier.

Jawaban Panjang : 

Fungsi kuadrat y = ax^2 + bx + c disyaratkan a ≠ 0 karena jika a = 0, maka fungsi tersebut bukan lagi merupakan fungsi kuadrat. Fungsi kuadrat adalah fungsi yang memenuhi persamaan kuadrat y = ax^2 + bx + c, dimana a ≠ 0. Persamaan kuadrat tersebut memiliki grafik berupa parabola yang terbuka ke atas atau ke bawah. Fungsi kuadrat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Memiliki bentuk y = ax^2 + bx + c, dimana a ≠ 0.
  2. Memiliki grafik berupa parabola yang terbuka ke atas atau ke bawah.
  3. Memiliki titik puncak (maximum atau minimum).
  4. Memiliki nol (root) yang merupakan titik-titik temu antara grafik dengan sumbu x.

Jika a = 0, maka fungsi tersebut bukan lagi merupakan fungsi kuadrat karena tidak memenuhi persamaan kuadrat yang telah ditentukan. Sehingga, a ≠ 0 merupakan syarat yang harus dipenuhi agar fungsi y = ax^2 + bx + c dapat dikategorikan sebagai fungsi kuadrat.

2. Terdapat dua fungsi kuadrat, f(x) = ax2 + bx + c dan g(x) = -f(x) = -ax2 − bx − c. Apa yang dapat disimpulkan dari grafik f(x) dan g(x).

Jawaban Pendek :

Grafik g(x) merupakan hasil pencerminan grafik f(x) terhadapat sumbu-X.

Jawaban Panjang :

Dari grafik f(x) = ax^2 + bx + c dan g(x) = -f(x) = -ax^2 - bx - c, dapat disimpulkan bahwa kedua grafik tersebut merupakan grafik yang sama, namun terbalik. Hal ini dapat dilihat dari bentuk dari masing-masing fungsi tersebut. Fungsi f(x) merupakan fungsi kuadrat yang memiliki bentuk y = ax^2 + bx + c, sedangkan fungsi g(x) merupakan fungsi kuadrat yang memiliki bentuk y = -ax^2 - bx - c. Dari bentuk tersebut dapat dilihat bahwa kedua fungsi tersebut memiliki persamaan yang sama, namun diikuti dengan tanda minus (-). Tanda minus (-) pada fungsi g(x) berarti bahwa grafik dari fungsi tersebut akan terbalik terhadap sumbu y.

Selain itu, kedua fungsi tersebut juga memiliki titik puncak yang sama, namun letaknya terbalik. Pada fungsi f(x), titik puncak terletak di atas grafik, sedangkan pada fungsi g(x), titik puncak terletak di bawah grafik. Hal ini dapat dilihat dari nilai a pada masing-masing fungsi. Jika a > 0, maka grafik akan terbuka ke atas dan memiliki titik puncak di atas grafik. Sedangkan jika a < 0, maka grafik akan terbuka ke bawah dan memiliki titik puncak di bawah grafik.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa grafik f(x) dan g(x) merupakan grafik yang sama, namun terbalik terhadap sumbu y.