Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 328 Ayo Kita Merangkum 9

Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 328 Ayo Kita Merangkum 9

Selamat datang di artikel ini, di artikel kali ini kita akan membahas tentang kunci jawaban Matematika Kelas 7 SMP/MTs Halaman 328 Ayo Kita Merangkum Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Ini merupakan salah satu bagian penting dari proses belajar mengajar matematika di sekolah, sehingga kita bisa memastikan bahwa kita sudah mengerti dan menguasai materi pelajaran yang diberikan. Jadi, mari kita mulai membahas kunci jawaban Matematika Kelas VII SMP/MTs Halaman 328.

Artikel ini akan membahas jawaban-jawaban dari soal-soal pada halaman 328 buku Matematika untuk kelas 7 SMP/MTs Semester 2 yang mengacu pada Kurikulum K13.

Kami berharap Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 SMP/MTs Halaman 328 ini dapat membantu para siswa memahami materi dengan lebih baik. Semoga informasi yang disajikan di sini dapat bermanfaat bagi para siswa dalam meningkatkan kemampuan dan wawasan. Selamat belajar!.

Berikut adalah kunci jawaban Matematika Kelas 7 SMP Halaman 328 Ayo Kita Merangkum 9 BAB 9 Penyajian Data

Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 328 Ayo Kita Merangkum 9
Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 328 Ayo Kita Merangkum 9

Soal dan Jawaban

Ayo Kita Merangkum 9

Buatlah rangkuman dengan menjawab pertanyaan berikut.

1. Kalian telah mempelajari tentang cara menyajikan data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Jawablah beberapa pertanyaan berikut.
Tulislah langkah-langkah menyajikan data dalam bentuk diagram batang dan diagram garis dan diagram lingkaran
Jawaban :
Berikut merupakan langkah-langkah untuk menyajikan data dalam bentuk diagram batang :
  • Ubah data dalam bentuk tabel
  • Buatlah garis tegak lurus, garis mendatar menyatakan jenis data dan garis tegak menyatakan banyak data
  • Buatlah skala pada garis mendatar dan garis tegak dan batang sesuai data.
Berikut merupakan langkah-langkah untuk menyajikan data dalam bentuk diagram garis :
  • Menentukan data yang akan diplot ke diagram.
  • Menuliskan judul diagram garis.
  • Membuat garis horizontal dan garis vertikal dengan nama variabel dan skala yang sesuai dengan data.
  • Memplot atau memasukkan data secara satu persatu dengan membuat garis horizontal atau memberikan koordinat titik data.
Berikut merupakan langkah-langkah untuk menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran  :
  • Pengkategorian data.
  • Menghitung total data.
  • Membagi data berdasarkan kategori.
  • Mengubah data kedalam bentuk presentase.
  • Menghitung derajat data.


2. Sebutkan data-data yang cocok disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran
Jawaban :
  • Penggunaan diagram batang biasanya lebih tepat digunakan untuk menyajikan data yang variabelnya dalam kategori-kategori tertentu, seperti data jenis pekerjaan, data penjualan tahunan, dan lain-lain.
  • Data yang cocok disajikan dengan diagram garis adalah data statistik yang diperoleh berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan dan terus terjadi secara berkesinambungan. Contohnya adalah data penerimaan siswa baru (jumlah siswa), data jumlah mobil yang terjual setiap tahun pada sebuah dealer mobil, data akumulasi nilai penjualan pada sebuah produsen barang elektronik, data jumlah pengunjung pada sebuah kebun binatang, dan lain - lain.
  • Diagram lingkaran merupakan cara penyajian data berupa lingkaran yang biasanya dinyatakan dalam bentuk persen (%) atau derajat (°). Penggunaan diagram ini untuk dapat dengan mudah mengetahui perbandingan data yang diperoleh dari pengamatan atau penelitian. Contohnya: data siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di suatu sekolah, data mata pencaharian penduduk suatu kecamatan, data agama yang dianut penduduk dalam suatu kelurahan.


3. Apa perbedaan dan persamaan antara diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran.
Jawaban :
Perbedaan
  • diagram batang adalah diagram yang disajikan dalam blok-blok berbentuk batang. semakin tinggi batangnya, semakin besar nilai yang ditunjukkan.
  • sedangkan diagram garis adalah diagram yang disajikan dalam titik-titik yang terhubung dengan garis. diagram ini menunjukkan proses dari naik-turunnya data.
  • sedangkan diagram lingkaran adalah diagram yang disajikan dalam bentuk lingkaran dimana  data ditunjukkan dalam bentuk irisan-irisan yang jika ditotal bernilai satu lingkaran penuh dengan total 100% atau 360 derajat.
Persamaan : sama-sama teknik penyajian data, sama-sama menunjukkan sebuah data, sama-sama memudahkan pembaca dalam melihat data.
 

Penutup

Dislaimer : Kunci Jawaban yang terdapat pada artikel kali ini tidak bertanggung jawab atas nilai teman-teman, disini kami hanya berusaha membantu para siswa mengerjakan tugas sekolah