Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 323 Ayo Kita Menalar

Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 323 Ayo Kita Menalar

Selamat datang di artikel ini, di artikel kali ini kita akan membahas tentang kunci jawaban Matematika Kelas 7 SMP/MTs Halaman 323 Ayo Kita Menalar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Ini merupakan salah satu bagian penting dari proses belajar mengajar matematika di sekolah, sehingga kita bisa memastikan bahwa kita sudah mengerti dan menguasai materi pelajaran yang diberikan. Jadi, mari kita mulai membahas kunci jawaban Matematika Kelas VII SMP/MTs Halaman 323.

Artikel ini akan membahas jawaban-jawaban dari soal-soal pada halaman 323 buku Matematika untuk kelas 7 SMP/MTs Semester 2 yang mengacu pada Kurikulum K13.

Kami berharap Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 SMP/MTs Halaman 323 ini dapat membantu para siswa memahami materi dengan lebih baik. Semoga informasi yang disajikan di sini dapat bermanfaat bagi para siswa dalam meningkatkan kemampuan dan wawasan. Selamat belajar!.

Berikut adalah kunci jawaban Matematika Kelas 7 SMP Halaman 323 Ayo Kita Menalar BAB 9 Penyajian Data


Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 323 Ayo Kita Menalar
Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 323 Ayo Kita Menalar

Soal dan Jawaban

Ayo Kita Menalar

1. Kalian sudah mengetahui cara menyajikan data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Sekarang perhatikan berbagai jenis data yang disajikan dalam Tabel 9.7. Manakah diantara jenis data tersebut yang lebih tepat disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram garis, atau diagram lingkaran (beri tanda √).

1. Banyaknya siswa laki-laki dan perempuan dalam satu sekolah   
Jawaban : Diagram Batang dan Diagram Garis

2. Harga BBM pada tahun 2000 – 2013
Jawaban : Diagram Batang dan Diagram Garis

3. Banyaknya siswa yang mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler
Jawaban : Diagram Lingkaran

4. Hasil pemilukada di suatu daerah tertentu
Jawaban : Diagram Batang, Diagram Garis dan Diagram Lingkaran

5. Banyak mobil yang terjual di suatu kota dalam waktu 5 tahun terakhir
Jawaban : Diagram Garis

6. Jenis pekerjaan orang tua siswa kelas 8
Jawaban : Diagram Lingkaran

7. Tinggi badan siswa dalam satu kelas
Jawaban : Diagram Batang dan Diagram Garis

8. Nilai ulangan Harian siswa dalam satu kelas
Jawaban : Diagram Batang


2. Coba temukan apa persamaan dan perbedaan dari ketiga diagram tersebut.
Jawaban :
  • Diagram Batang: menampilkan data dengan batang, umumnya digunakan untuk melihat perkembangan pada waktu berbeda, atau membandingkan jumlah dari ukuran-ukuran yang berbeda. Pada diagram batang, panjang setiap batang menunjukkan besar dari tiap data.
  • Diagram garis: menampilkan data dalam bentuk titik-tik yang dihubungkan dengan garis. Sebagaimana diagram batang, letak titik tergantung pada besar kecilnya data yang digambarkan. Semakin besar data maka semakin jauh lokasi titik tersebut.
  • Diagram lingkaran adalah penyajian data dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagianbagian atau persen dari keseluruhan. Jika juring dinyatakan dalam persen maka untuk satu lingkaran penuh adalah 100% dan jika setiap juring dinyatakan dalam derajat maka besarnya sudut dalam satu lingkaran penuh adalah 360 derajat.

3. Coba pikirkan bagaimanakah membuat diagram lingkaran dari data di bawah ini. Ada berapa banyak diagram lingkaran yang mungkin bisa dibuat, dan jelaskan alasannya
Jawaban :
Cara membuat diagram lingkaran dari data berikut ini adalah dengan membagi data menjadi 3 kelompok yaitu siswa laki-laki, siswa perempuan, dan jumlah dari siswa laki-laki dan perempuan. Setelah itu masing-masing kelompok dijadikan sebagai data untuk membuat diagram lingkaran, sehingga ada 3 diagram lingkaran yang dapat dibuat dari data tersebut.
 

Penutup

Dislaimer : Kunci Jawaban yang terdapat pada artikel kali ini tidak bertanggung jawab atas nilai teman-teman, disini kami hanya berusaha membantu para siswa mengerjakan tugas sekolah