Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Uji Kompetensi Bab 8 PPKn Kelas X Halaman 116 ( Kesadaran Berbangsa dan Bernegara)

Uji Kompetensi Bab 8 (Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara)
Halaman 116
PPKn (PKN)
Kelas X (10) SMA/SMK/MAK
Semester 2 K13

Jawaban Uji Kompetensi Bab 8 PPKn Kelas X Halaman 116 ( Kesadaran Berbangsa dan Bernegara)

Jawablah soal-soal berikut.
1. Jelaskan bagaimana pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah dan geopolitik Indonesia?
Jawab:
Pentingnya kepedulian dan kesadaran wrga negara Indonesia untuk meningkatkan dan melestarikan sejaah nenek moyang hingga sekarang agar tetap dikenang dan lestari

2. Berdasarkan aspek historis perjalanan geopolitik Indonesia, negara ini mengalami tiga zaman perkembangan semangat kebangsaan. Sebutkan ketiga zaman tersebut.
Jawab:
1. zaman penjajahan belanda
2. zaman penjajahan jepang
3. zaman penjajahan moral

3. Indonesia merupakan negara yang berada di lokasi strategis? Jelaskanlah maksud lokasi strategis tersebut.
Jawab:
karena indonesia terletak diantara negara berkembang, indonesia sering dilewati jalur pelayaran dunia dan indonesia memiliki posisi silangkarena indonesia di apit oleh negara negara berkembang dan otomatis akan di lalui jalur pelayaran internsionalkarena indonesia diapit oleh 2 benua dan 2 samudera yang menjadikan indonesia menjadi jalur lintasan perdagangan. selain itu indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa

4. Apa pengaruh geopolitik dalam pelaksanaan budaya demokrasi di Indonesia?
Jawab:
pengaruhnya adalah Indonesia semakin maju dan bertahan karena rakyatnya yang mendukung.

5. Apa yang dimaksud dengan geopolitik?Jelaskan keberadaan geopolitik bangsa Indonesia di tinjau dalam aspek hubungan internasioal.
Jawab:
geopolitik adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri, lingkungan yang berwujud negara kepulauan berlandaskan pancasila dan uud 1945. jadi bangsa indonesia dituntut ikut mempertahankan negara dan berperan penting dalam pembinaan kerjasama dan penyelesaian konflik antar negara yg mungkin muncul dalam proses pencapaian tujuan.Dalam studi Hubungan Internasional, geopolitik merupakan suatu kajian yang melihat masalah/hubungan internasional dari sudut pandang ruang atau geosentrik. Konteks teritorial di mana hubungan itu terjadi bervariasi dalam fungsi wilayah dalam interaksi, lingkup wilayah, dan hirarki aktor: dari nasional, internasional, sampai benua-kawasan, juga provinsi atau lokal.