Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Aktivitas Siswa Halaman 217 PAI Kelas 8 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 8 halaman 217 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Aktivitas Siswa Halaman 217. Buku siswa untuk Semester 2 Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 12 Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Halal dan Menjauhi yang Haram Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban PAI Kls 8 Hal 217 Aktivitas Siswa

Aktivitas Siswa Halaman 217 PAI Kelas 8 [Kunci Jawaban]
Aktivitas Siswa Halaman 217 PAI Kelas 8 [Kunci Jawaban]

Aktivitas Siswa Halaman 217 PAI Kelas 8 [Kunci Jawaban]

Aktivitas Siswa 
a. Bacalah dengan cermat ayat tersebut beserta artinya!
b. Secara berkelompok merumuskan pesan-pesan dalam ayat tersebut yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
c. Menyampaikan hasilnya kepada kelompok yang lain untuk dibandingkan dan saling melengkapi.

Jawaban:
Kandungan atau pesan dari ayat tersebut (surat al a'raf ayat 157) adalah mengenai perintah untuk mengimani dan memuliakan Rasulullah SAW serta mengikuti apa yang ada di dalam Al Quran sehingga menjadi orang-orang yang beruntung.

Kata seruan “wahai manusia” pada QS. al-Baqarah ayat 168 menunjukkan, bahwa ayat ini bersifat umum yang maksudnya ditujukan kepada segenap manusia. Ibnu Abbas mengatakan, bahwa ayat 168 turun berkenaan dengan kebiasaan suatu kaum yang terdiri atas Banıi Suaqi, Bani Amir bin Sa‘sa‘ah, Khuza‘ah dan Bani Muḍid. Mereka mengharamkan beberapa jenis binatang menurut kemauan mereka sendiri, diantaranya: baḥirah, yaitu unta betina yang telah beranak lima kali dan anak ke lima jantan, lalu dipotong telinganya. Dan waṣilah yaitu domba yang beranak dua ekor, satu jantan dan satu betina, lalu anak yang jantan tidak boleh dimakan melainkan harus diserahkan kepada berhala. Padahal Allah Swt tidak mengharamkan binatang jenis itu.