Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 179 Kegiatan 7.2

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 8 halaman 179. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Kegiatan 7.2 Halaman 179-180, Buku siswa untuk semester 2 Kelas 7 SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 7 Berbahasa Persuasif Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Halaman 179 Kegiatan 7.2 Bahasa Indonesia Kelas 8 

Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 179 Kegiatan 7.2
Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 179 Kegiatan 7.2

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 179 Kegiatan 7.2

Kegiatan 7.2
A. 1. Perhatikanlah kedua teks di bawah ini!
a. Pembangunan kota di Jakarta dan sekitarnya harus betul-betul mengacu pada peruntukan wilayah. Perusakan lingkungan di wilayah resapan air seperti Puncak dan Bogor juga harus bisa dihentikan. Nah, kalau bisa begitu sudah barang tentu banjir di Jakarta tidak akan terjadi.
b. Kalau Anda kehabisan tempat menginap di hotel-hotel berbintang, jangan khawatir. Toh tujuan Anda menikmati alam perdesaan. Anda bisa memilih penginapan–penginapan sederhana dengan harga sangat murah. Hampir semua penginapan kecil ini juga terjaga kebersihannya. Ada yang unik menyangkut tempat-tempat penginapan di Sangkanhurip. Hampir semua hotel berbintang atau penginapan kecil, menyediakan fasilitas air panas alami. Bedanya, di hotel-hotel bisa diatur suhunya, di penginapan kecil benar-benar mengandalkan kehendak alam.

2. Manakah dari kedua teks tersebut yang tergolong ke dalam bagian dari jenis teks persuasif? Jelaskanlah alasan-alasanmu!
Jawaban: 
Teks a
Jawaban: Ya
Alasan: Pada teks a terdapat ajakan yang ditandai dengan kata harus.

Teks b
Jawaban: Ya
Alasan: Pada teks b terdapat imbauan yang ditandai dengan kata jangan.

Untuk soal nomor 3 dan 4, karena kamu diminta untuk merumuskan pendapat seluruh anggota kelas sebagai simpulan umum tentang jenis dari dua teks tersebut, maka catatlah jawaban dan alasan umum mereka.

B. Tentukanlah topik beserta kalimat-kalimat ajakan yang ada dalam teks tersebut secara berdiskusi!
Untuk mengisi tabel ini, perhatikan teks yang ada di halaman sesudahnya

Topik: Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Pernyataan persuasif:
  1. Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya.
  2. Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran: masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa. Hadirin yang berbahagia.
  3. Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.

Untuk kolom tanggapan teman, kamu bisa mengisinya berdasarkan pendapat teman-temanmu.