Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 134 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 11 halaman 134. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Tugas Halaman 134, Buku siswa untuk semester 1 Kelas XI SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Meneladani Kehidupan dari Cerita Pendek Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 134 Bahasa Indonesia Kls 11

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 134 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 134 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 134 [Kunci Jawaban]

Tugas
1. Buatlah sebuah cerita pendek berdasarkan pengalaman hidup yang kamu alami sendiri ataupun pengalaman orang lain.
2. Tentukanlah topiknya yang menarik dan dianggap khas atau langka.
3. Catatlah kata-kata kunci yang berkaitan dengan topik; lalu susunlah menjadi kerangka cerpen secara krologis.
4. Kembangkanlah kerangka itu menjadi cerpen yang utuh dengan menggunakan kekuataan emosi.
5. Lakukanlah silang baca dengan teman sebangku untuk saling memberikan koreksi berkaitan dengan pilihan kata, ejaan, dan tada bacanya.

Jawaban :
1. Buatlah sebuah cerpen !
      Toni seorang remaja yang bekerja sebagai buruh kasar di gudang untuk menghidupi dirinya dan kedua adik kembar yang masih TK. Setiap hari Toni selalu bangun pagi hari, memasak, mengantarkan adiknya kesekolah dan bekerja sebaik mungkin. Pada saat hujan  telah datang, Toni pulang terdahulu untuk menjemput adiknya dari sekolah, remaja itu khawatir akan adiknya bila pulang sendiri. Toni berjanji akan menyekolahkan adiknya hingga tamat kepada kedua almarhum orang tuanya yang telah meninggal. Akhirnya Toni terpaksa, putus sekolah dan bekerja kepada bos orangtua Toni sebagai buruh kasar di gudang. Bos itu bernama, Pak HasiemLieng, dia seorang yang baik. Toni dikenal pekerja keras dan berhati mulia.

      Saat menjemput adiknya Toni, kedua adik perempuan kembar bernama Lia dan Lani terlihat tertawa dan bahagia, saat sampai dirumah, kedua adik Toni terlihat berbisik – bisik.  Toni yang sedang memasak heran melihat tingkah lucu mereka. Lia membuka suara “Kakak! Kakak tau gak? Tanggal 2 November nanti, aku dan Lani akan berulang tahun, Kami mau kue ulang tahun yang super besar untuk mengundang kawan – kawan dari sekolah.Toni yang mendengar itu memberi janji memberi kue ulang tahun “Okelah adikku, aku akan mengadakan pesta ulang tahun dirumah kita, tetapi undang tetangga aja ya, kakak akan membeli kue untuk kalian.” Horeeee! Kakak baikk banged”Seru Lia dan Lani.  

    Toni memiliki waktu 2 hari lagi menuju 2 November. Biasanya Toni bekerja dari pagi hingga sore di gudang, kali ini Toni bekerja hingga malam. Kedua adik Toni mengundang tetangga mereka datang kerumah, merekalah kawan sehari – hari Lia dan Lani di lingkungan. Sekarang tepatlah tanggal 2 November 2020, Toni memiliki cukup uang membeli kue ulang tahun, Setelah bekerja membersihkan gudang, Toni berangkat ke toko kue dengan bis saat turunToni mendengar orang berteriak minta tolong, di jalan perkotaan, Toni mendengar suara itu., lalu Toni tergerak hatinya untuk menolong suara tersebut. Dia memasuki daerah kumuh di perkotaan, alangkah kagetnya dia melihat kakek tua yang terlihat sangat kelaparan di pondok busuk. Toni memilih menolong kakek yang kelaparan dahulu, . Toni segera cepat mengangkat kakek yang berbaring tersebut, dan segera membeli makanan dan obat – obatan dahulu. Toni merasa sedih atas kakek tersebut, Toni meminta izin untuk mencari petugas panti jompo untuk merawat kakek tersebut. Toni pergi mencari petugas disekitar , dan bertemu satpam penjaga. Toni membawa satpam tersebut dan meminta membawa kakek kepada panti asuhan. Saat Toni berbicara dengan satpam, pak satpam tertawa begitu juga dengan kakek tersebut. Alangkah terheran – herannya Toni, rupanya dia adalah bos besar di perusahaan terkenal! . Dia adalah Pak Asekhar, pak Asekhar begitu kagum akan kemuliaan hati Toni. Dia kagum akan kebaikan Toni, dan memutuskan untuk mengangkat remaja tersebut menjadi anaknya, hari sudah sore dan Toni diberi kue ulang tahun untuk merayakan ulang tahun Lia dan Lani. Setelah merayakan ulang tahun mereka. Ketiga anak tersebut diangkat menjadi anak angkat Pak Asekhar.  

Tamat.  

2. Tentukanlah topik yang menarik dan khas
 topik pada teks diatas adalah ," Toni , remaja berhati mulia"

3. Tentukanlah kata - kata kunci berkaitan pada topik
 Toni , Lia , Lani , adik kembar , berhati mulia , toko besar , gudang , ulang tahun , pekerja keras , 2 November , kakek renta , Pak Asekhar , remaja ,