Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 124 Aktivitas Kelompok

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPS untuk Kelas 9 halaman 124. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPS Aktivitas Kelompok Halaman 124. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok IPS Kls 9 Hal 124

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 124 Aktivitas Kelompok
Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 124 Aktivitas Kelompok

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 124 Aktivitas Kelompok

Aktivitas Kelompok
Melalui aktivitas kelompok berikut diharapkan siswa dapat menjelaskan manfaat globalisasi ekonomi dalam berbagai bidang kehidupan.
1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 4 orang!
2. Amatilah globalisasi yang terjadi dalam bidang transportasi di dunia!
3. Diskusikan dengan teman mengenai manfaat globalisasi transportasi dalam beberapa bidang kehidupan berikut!
a. ekonomi
b. sosial
c. budaya
d. politik
e. pembangunan
Jawaban :

Manfaat globalisasi transportasi pada bidang kehidupan yaitu :
a. Ekonomi
Dengan alat-alat transportasi yang modern memungkinkan penyaluran hasil produksi secara cepat dan jarak jauh. Perdagangan antar negara bisa berjalan dengan lancar melalui kapal barang dan pesawat terbang. Dari perdagangan itu suatu negara bisa mendapatkan keuntungan berupa devisa dan bisa memenuhi kebutuhan yang tidak bisa diproduksi di dalam negeri. Selain  itu bisa juga menekan kenaikan harga atau inflasi karena dengan pengiriman barang yang lancar akan menghindari adanya kelangkaan sehingga harga menjadi stabil.

b. Sosial
Kemajuan transportasi bisa meningkatkan hubungan sosial, seperti kemudahan sanak keluarga saling bertemu meskipun jarak jauh. Sebagai contoh saat mudik hari raya akan lebih mudah dilakukan jika transportasi lebih cepat dan lancar.
Transportasi yang baik juga bisa mengurangi kemiskinan dan pengangguran karena memudahkan masyarakat untuk pergi ke tempat kerja meskipun letaknya jauh dari tempat tinggal. Bagi petani juga bisa mendapatkan penghasilan yang besar karena mudah untuk memasarkan hasil panennya.

c. Budaya
Globalisasi transportasi juga mendukung terjadinya perkembangan budaya yang ada di masyarakat. Mobilitas masyarakat yang tinggi akan memunculkan akulturasi dan asimilasi budaya. Budaya yang ada bisa saling berbaur memunculkan budaya baru yang lebih kaya. Selain itu festival-festival budaya antar negara bisa diselenggarakan dengan baik karena peserta bisa datang dengan cepat meskipun jarak yang sangat jauh.
d. Politik
Manfaat globalisasi transportasi pada bidang politik yaitu
- Terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa karena setiap daerah terintegrasi dengan baik dan saling terhubung satu dengan lainnya.
- Pelayanan masyarakat yang merata bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah
- Dengan mobilitas yang baik akan bisa menjaga keamanan nasional dari serangan pihak luar.
- Memudahkan pemerintah untuk melakukan evakuasi dan pemberian bantuan saat terjadi bencana alam.

e. Pembangunan
Dengan transportasi yang baik akan mempercepat pembangunan, sarana dan prasarana publik akan cepat dibangun. Pemerataan pembangunan juga akan tercapai sampai ke pelosok-pelosok pedalaman. Daerah terpencil dan terisolir juga akan terbuka dan terhubung dengan dunia luar sehingga sama-sama merasakan pembangunan yang sedang dijalankan.
Pembangunan itu seperti : pembangunan jalan raya, jalan tol, bandara, pelabuhan laut, jembatan, tol laut dan lain-lain, semua itu demi kesejahteraan rakyat.

4. Asosiasikan jawaban kalian dengan kelompok lain!
5. Tulislah kesimpulan dari hasil diskusi kalian pada kertas yang disediakan!
6. Presentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas!