Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Ayo Kita Menalar Halaman 28 Matematika Kelas 9

Jawaban Ayo Kita Menalar Halaman 28 Matematika Kelas 9
Jawaban Ayo Kita Menalar Halaman 28 Matematika Kelas 9

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 28 Ayo Kita Menalar Semester 2

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Selain menjadi dasar bagi kebanyakan ilmu pengetahuan, matematika juga merupakan alat yang sangat berguna untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terkait dengan uang, pengukuran, dan perencanaan.

Dengan memahami konsep-konsep dasar matematika, siswa dapat memecahkan masalah-masalah yang terkait dengan kehidupan sehari-hari dengan lebih mudah. Selain itu, belajar matematika juga dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah-masalah yang terkait dengan bidang-bidang lain, seperti teknologi, ekonomi, dan ilmu pengetahuan alam.

Kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 28 Ayo Kita Menalar semester 2 merupakan salah satu alat yang berguna bagi siswa dalam memahami konsep-konsep dasar matematika. Dengan menggunakan kunci jawaban tersebut, siswa dapat mengecek kebenaran jawaban yang telah diberikan dan memahami cara penyelesaian masalah-masalah yang ada di dalam buku tersebut.

Namun, sebaiknya siswa tidak hanya terpaku pada kunci jawaban saja. Selain harus memahami cara penyelesaian masalah yang tepat, siswa juga harus memahami konsep-konsep dasar matematika yang terkait dengan masalah-masalah tersebut. Dengan begitu, siswa dapat lebih mudah dalam memecahkan masalah-masalah matematika yang lebih kompleks di kemudian hari.

Sebagai penutup, mari kita semua berusaha untuk lebih giat belajar matematika dan menggunakan kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 28 Ayo Kita Menalar semester 2 sebagai salah satu alat bantu dalam memahami konsep-konsep dasar matematika. Dengan begitu, kita semua dapat menjadi lebih pintar dan terampil dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terkait dengan matematika di kehidupan sehari-hari.

Pembahasan Jawaban Ayo Kita Menalar Halaman 28 Matematika Kelas 9

Tempatkan titik-titik pada bidang koordinat berikut (1, 2), (-1, -2), (1, -2), dan (-1, 2) pada bidang kartesius.

Untuk meletakkan titik-titik tersebut pada bidang kartesius, pertama-tama kita harus menentukan sumbu x dan y. Sumbu x biasanya ditunjukkan sebagai garis horizontal yang terletak di tengah-tengah bidang kartesius, sedangkan sumbu y ditunjukkan sebagai garis vertikal yang juga terletak di tengah-tengah bidang kartesius. Setelah itu, kita dapat meletakkan titik-titik tersebut dengan menggunakan absis dan ordinat masing-masing titik.

Terletak pada kuadran berapakah titik-titik tersebut?

Titik-titik tersebut terletak pada kuadran 1, 2, dan 3.

  • Titik (1, 2) terletak pada kuadran 1, yaitu kuadran yang berada di sebelah kanan atas sumbu x dan y.
  • Titik (-1, -2) terletak pada kuadran 3, yaitu kuadran yang berada di sebelah kiri bawah sumbu x dan y.
  • Titik (1, -2) terletak pada kuadran 4, yaitu kuadran yang berada di sebelah kanan bawah sumbu x dan y.
  • Titik (-1, 2) terletak pada kuadran 2, yaitu kuadran yang berada di sebelah kiri atas sumbu x dan y.

Bagaimana tanda (positif atau negatif) absis dan ordinat titik-titik tersebut? 

Tanda absis dan ordinat titik-titik tersebut adalah sebagai berikut:

  • Titik (1, 2) memiliki absis positif dan ordinat positif.
  • Titik (-1, -2) memiliki absis negatif dan ordinat negatif.
  • Titik (1, -2) memiliki absis positif dan ordinat negatif.
  • Titik (-1, 2) memiliki absis negatif dan ordinat positif.

Jika siswa meletakkan titik lain yang terletak pada kuadran yang sama dengan titik-titik tersebut, apakah tandanya akan sama dengan titik tersebut?

Jika siswa meletakkan titik lain yang terletak pada kuadran yang sama dengan titik-titik tersebut, maka tandanya akan sama dengan titik tersebut. Misalnya, jika siswa meletakkan titik (2, 3) pada kuadran 1 yang sama dengan titik (1, 2), maka tanda absis dan ordinat titik (2, 3) adalah positif. Begitu juga jika siswa meletakkan titik (-2, -3) pada kuadran 3 yang sama dengan titik (-1, -2), maka tanda absis dan ordinat titik (-2, -3) adalah negatif.

Jelaskan dan simpulkan mengenai sifat dari absis dan ordinat pada kuadran tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa sifat dari absis dan ordinat pada kuadran tergantung pada posisi kuadran tersebut terhadap sumbu x dan y. Pada kuadran 1 dan 3, absis bernilai positif dan ordinat bernilai positif atau negatif. Pada kuadran 2 dan 4, absis bernilai negatif dan ordinat bernilai positif atau negatif.

Sebagai tambahan, perlu diingat bahwa absis merupakan nilai koordinat yang terletak pada sumbu x, sedangkan ordinat merupakan nilai koordinat yang terletak pada sumbu y. Oleh karena itu, sifat dari absis dan ordinat pada setiap kuadran akan selalu sama. Misalnya, jika absis pada kuadran 1 bernilai positif, maka absis pada kuadran 3 juga akan bernilai positif. Begitu juga jika ordinat pada kuadran 2 bernilai positif, maka ordinat pada kuadran 4 juga akan bernilai positif.